Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Film Anak-Anak yang Ternyata Sebenarnya Menyeramkan

Jumat 20 May 2022 13:12 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Film anak-anak yang ternyata menakutkan, salah satu film Monster House. (ilustrasi)

Film anak-anak yang ternyata menakutkan, salah satu film Monster House. (ilustrasi)

Foto: Sony Pictures Releasing
Sulit untuk melupakan film-film yang membuat anak takut ketika mereka masih kecil.

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES -- Film anak-anak sangat bagus. Mereka imajinatif, suka berpetualang, dan mengajarkan pelajaran hidup berharga. Namun, sesekali, sesuatu yang menakutkan menyelinap melalui celah-celah di film.

Beberapa film memiliki misi menakut-nakuti penonton yang tidak bersalah. Apakah film-film ini tiba-tiba gelap, secara visual meresahkan, atau langsung memberi mimpi buruk? Nyatanya, sulit untuk melupakan film-film yang membuat anak takut ketika mereka masih kecil.

Baca Juga

Dilansir di Collider pada Kamis (19/5/2022), berikut beberapa film anak yang sebenarnya menakutkan:

1. All Dogs Go to Heaven (1989)

photo
Film All Dogs Go to Heaven. - (United Artists/MGM/UA)
 

Sebuah cerita horor bersembunyi di balik fasad animasi yang menggemaskan dari film ini. All Dogs Go To Heaven dirilis pada 1989 dan dibintangi oleh Burt Reynolds sebagai German Shepherd bernama Charlie. Namun di balik animasinya yang penuh warna terdapat plot yang diselingi dengan pembunuhan, pengkhianatan, penculikan anak-anak yatim piatu, dan ancaman kutukan abadi yang selalu ada.

All Dogs Go to Heaven menggambarkan kematian Charlie di tangan sahabatnya yang dulu, penolakannya untuk beralih ke alam baka, dan kembalinya dia untuk melakukan pencarian balas dendam. Charlie menjalin persahabatan dan belajar nilai kebaikan, kejujuran, dan kepercayaan di sepanjang jalan, tetapi jangan biarkan penampilannya menipu. All Dogs Go to Heaven memiliki niat membuat Anda merinding.

2. "A Series of Unfortunate Events" (2004)

photo
A Series of Unfortunate Events. - (Netflix)
 

Seperti seri buku yang diambilnya, "A Series of Unfortunate Events" mengikuti anak-anak Baudelaire, tiga saudara kandung yang menjadi yatim piatu setelah kebakaran merenggut nyawa kedua orang tua mereka. Netflix mengadaptasi kembali ceritanya pada 2017, merilis seri dengan nama yang sama, dengan durasi tambahan yang ditambahkan oleh tiga musim 25 episode yang memungkinkan para pembuat pamer untuk tetap lebih setia pada materi sumber aslinya.

Dalam film 2004, anak-anak Baudelaire diburu tanpa henti untuk mendapatkan warisan mereka oleh Count Olaf yang jahat, dihidupkan oleh Jim Carrey. Kesialan mereka membawa berhadapan langsung dengan ular berbisa, sekelompok aktor pembunuh, rumah-rumah berderit, di tepi tebing, dan danau belut karnivora. Ini sama sekali bukan cerita yang bahagia, tetapi cinta yang dibagikan oleh anak-anak, Violet, Klaus, dan Sunny.

3. Monster House (2006)

photo
Film Monster House. - ( Sony Pictures Releasing)
 

Sejujurnya, film animasi ini tidak ramah anak. Seperti judul filmnya, Monster House menceritakan kisah teman DJ (Mitchel Musso), Chowder (Sam Lerner), dan Jenny (Spencer Locke), saat mereka menyelidiki tempat tinggal berhantu di lingkungannya. Dengan protagonis norak dan animasi komputer kartun, film ini tampaknya memiliki semua kiasan Halloween yang ramah anak-anak. Film ini berubah mengerikan dengan cara-cara kreatif rumah berubah untuk menakut-nakuti korbannya dan giliran lain untuk suram dan tragis setelah film mulai mengungkap asal-usul gelap rumah berhantu.

4. The Spiderwick Chronicles (2008)

photo
Film The Spiderwick Chronicles. - (Paramount Pictures)
 

Film 2008 ini adalah fantasi anak-anak modern yang terbaik, menampilkan berbagai makhluk fantastis yang luar biasa yang merupakan suguhan mutlak untuk dilihat. Menampilkan bakat Freddie Highmore, Sarah Bolger, Martin Short, Seth Rogen, dan banyak lagi. The Spiderwick Chronicles tidak menahan sisi yang lebih jahat dari binatang mitosnya. Untuk setiap sprite dan griffin yang terlihat, ada troll mengerikan atau ancaman perubahan bentuk yang harus dihadapi. Mitologi luas The Spiderwick Chronicles memang mengesankan, tetapi beberapa makhluknya lebih baik tidak terlihat dan belum ditemukan.

5. Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971)

photo
Film Willy Wonka & the Chocolate Factory. - (Wolper Pictures, Ltd)
 

Willy Wonka & the Chocolate Factory tidak diragukan lagi disukai banyak orang. Menampilkan momen klasik dan ramah anak seperti jebakan Augustus Gloop di mesin pabrik cokelat, inflasi bluberi Violet Beauregarde, dan eliminasi yang tidak menguntungkan dari pemenang tiket emas lainnya.

Film ini memiliki adegan terkenal yang melibatkan perahu dan terowongan teror. Layar berkedip dengan gambar yang tidak pantas, termasuk gambar ayam yang dipenggal dan close-up kalajengking dan serangga (beberapa merangkak di atas wajah manusia). Adegan ini saja membuat Anda bertanya-tanya apakah para pembuat film secara aktif berusaha membuat trauma penontonnya atau tidak.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA