Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Kisah Nyata yang tak Dijelaskan di Film The Conjuring

Rabu 18 May 2022 22:22 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Kisah nyata yang tidak diangkat dalam film The Conjuring. (ilustrasi)

Kisah nyata yang tidak diangkat dalam film The Conjuring. (ilustrasi)

Apa yang ditayangkan di The Conjuring tidak menceritakan keseluruhan cerita.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film karya sutradara James Wan, The Conjuring, membuka file kasus penyelidik paranormal paling terkenal dalam sejarah Amerika. Meski banyak penggemar menikmati film ini, apa yang berhasil ditayangkan tidak menceritakan keseluruhan cerita.

Banyak dari cerita telah dimodifikasi agar sesuai kebutuhan. Melalui wawancara, buku, dan laporan lainnya, rincian tambahan muncul. Apa saja itu? Berikut penjelasannya seperti dilansir di laman Looper, Rabu (18/5/2022):

Baca Juga

1. Rumah

The Conjuring sedikit mengubah sejarah rumah. Dalam film itu, Lorraine (Vera Farmiga) menyatakan rumah tersebut dibangun pada 1863 oleh Judson Sherman, tetapi itu bukanlah cerita yang sebenarnya. "Ini adalah rumah yang selesai dibangun seperti sekarang pada 1736. Itu dibangun oleh Richardsons,” kata penulis dan putri tertua dari keluarga Perron, Andrea Perron, dilansir Looper, Rabu (18/5/2022).

2. Berapa lama Perrons tinggal di sana?

Dalam kehidupan nyata, keluarga itu menghabiskan hampir 10 tahun di rumah. Dalam film, tampaknya hanya beberapa minggu singkat.

3. Anjing keluarga

Pencinta anjing mungkin ingat apa yang terjadi pada anjing keluarga Perron, Sadie, dalam film tersebut. Kenyataannya, anjing keluarga itu mati sebelum mereka menginjakkan kaki di properti itu.

4. Bagaimana Perrons bertemu Warrens

Film ini tidak secara akurat menggambarkan bagaimana Perrons dan Warrens bertemu.

5. Siapa yang meneliti rumah?

Seperti semua film, The Conjuring mengambil beberapa kebebasan dengan materi sumbernya. Menurut video yang diproduksi Warner Bros. tentang peristiwa kehidupan nyata dari serial tersebut, Carolyn melakukan penelitian sejarah pada properti itu sendiri tidak hanya untuk mengetahui identitas arwah, tetapi juga lebih memahami rumah itu sendiri.

6. Siapakah Batsyeba itu?

Film tersebut mengeklaim Bathsheba Sherman (Joseph Bishara) menikah dengan Judson dan memiliki hubungan keluarga dengan Mary Towne Eastey, salah satu wanita yang digantung. Kenyataannya, Bathsheba meninggal pada 1885 karena kelumpuhan stroke.

7. Nyonya John Arnold

Keluarga Perron tidak pernah percaya Batsyeba bertanggung jawab atas apa yang mereka alami. Batsyeba adalah salah satu dari banyak roh yang mereka temui. Sementara film tersebut menggambarkan Batsyeba sebagai wanita yang gantung diri, sebenarnya Arnold yang melakukannya.

8. Pandangan religius Perrons

The Conjuring menggambarkan seluruh keluarga Perron sebagai non-religius. Pada kenyataannya, putri sulung keluarga itu ingat ayahnya bersekolah di sekolah Katolik swasta dan menjadi putra altar, bahkan bermaksud menjadi imam.

Ibunya masuk Katolik ketika menikah dengannya. Kelima putri mereka dibaptis dan dikukuhkan melalui gereja Katolik. Tampaknya perubahan ini dibuat dalam film untuk menambah konflik.

9. Aktivitas yang dialami

Ketika keluarga Warren pertama kali tiba di rumah keluarga Perron dalam film tersebut, Carolyn memberi tahu mereka jam selalu berhenti pukul 03.07 dan mereka semua mencium bau busuk. Aktivitas lain yang mereka alami juga digunakan dalam film dengan tingkat yang sama. Film ini menunjukkan keluarga memiliki masalah dengan burung di sekitar rumah, Perron mengatakan itu sebenarnya kelelawar.

10. Serangan fisik Carolyn

Carolyn tampaknya menanggung beban serangan fisik dan roh jahat dalam film tersebut, dengan beberapa memar, bahkan diseret kembali ke dalam rumah. Sementara kehidupan nyata Carolyn terpengaruh secara fisik selama waktu keluarga Perron di rumah.

11. Siapa yang menerima pesan roh?

April (Kyla Deaver), putri bungsu, tampaknya menjadi orang yang paling banyak menerima kontak dalam film. Dalam film, pesan tersebut disampaikan kepada Christine (Joey King). Ini tampaknya mewakili apa yang dialami Carolyn dalam kehidupan nyata, tetapi memberi Christine interaksi verbal.

12. Eksorsisme vs Séance

Salah satu adegan yang paling emosional dan berdampak dalam film ini adalah pengusiran setan yang dilakukan Ed terhadap Carolyn. Sebenarnya, ini sama sekali bukan yang dialami keluarga Perron. Ed dan Lorraine melakukan pemanggilan arwah, bukan pengusiran setan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA