Ahad 13 Mar 2022 09:00 WIB

Jet Pribadi di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 532 Penerbangan 

Jet Pribadi di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 532 Penerbangan 

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
Jet Pribadi di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 532 Penerbangan . Foto:   Ilustrasi jet pribadi.
Foto: EPA/KAY NIETFELD
Jet Pribadi di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 532 Penerbangan . Foto: Ilustrasi jet pribadi.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Bandara Soekarno-Hatta sejak 24 Januari 2022 melayani penerbangan jet pribadi yang dioperasikan oleh 14 maskapai. PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mencatat hingga 10 Maret 2022  jumlah penerbangan pesawat pribadi Bandara Soekarno-Hatta secara kumulatif tembus 523 penerbangan. 

"Penerbangan tersebut terdiri dari 353 penerbangan domestik dan 170 penerbangan internasional. Sementara itu, total jumlah penumpang tercatat sebanyak 2.584 orang penumpang," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga

Layanan pesawat jet pribadi yang termasuk dalam kategori General Aviation ini sebelumnya dioperasikan di Bandara Halim Perdanakusuma. Dengan adanya revitalisasi di bandara tersebut maka penerbangan pesawat jet pribadi saat ini dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta. 

Awaluddin mengatakan layanan dan operasional jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar didukung lengkapnya berbagai fasilitas dan infrastruktur. “Terkait fasilitas, keberangkatan dan kedatangan penumpang jet pribadi ini dilakukan di lokasi khusus yakni Saphire Precious Lounge yang terletak di kawasan Terminal 1, bukan di terminal penumpang maskapai berjadwal," ujar Awaluddin. 

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan berbagai penambahan infrastruktur sisi udara seperti east cross taxiway, high speed exit taxiway hingga landasan pacu ketiga. Dengan begitu, kapasitas bandara dalam melayani penerbangan meningkat dan dapat melayani penerbangan jet pribadi dengan lancar. 

“Fasilitas khusus dan infrastruktur yang lengkap membuat operasional pesawat jet pribadi juga tidak mengganggu operasional penerbangan berjadwal,” tutur Awaluddin. 

Dengan adanya jet pribadi, Awaluddin mengatakan ekosistem penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta semakin lengkap. Dengan begitu dapat menghadirkan beragam pilihan bagi penumpang dalam melakukan perjalanan, baik itu penerbangan langsung atau penerbangan lanjutan. 

"Penumpang pesawat berjadwal ketika mendarat kini memiliki pilihan menggunakan pesawat jet pribadi untuk mencapai destinasi selanjutnya,” ujar Awaluddin. 

Saat ini sudah terdapat penerbangan berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta yang dilayani berbagai maskapai berjadwal domestik seperti Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, Sriwijaya Air Group, dan AirAsia Indonesia. Lalu maskapai berjadwal internasional dan layanan helikopter dan kini layanan pesawat jet pribadi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement