Jumat 04 Mar 2022 16:02 WIB

KB-TK Bosowa Binsa Insani Adakan Peringatan Isra Mi’raj

Acara ini diisi kolaborasi cerita guru dan video tayangan cerita Isra  Mi’raj Nabi.

KB-TK Bosowa Bina Insani Bogor  menggelar peringatan Isra Miraj,  Jumat (4/3).
Foto: Dok Bosowa School
KB-TK Bosowa Bina Insani Bogor menggelar peringatan Isra Miraj, Jumat (4/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- KB-TK Bosowa Bina Insani Bogor  menggelar peringatan Isra’ Miraj,  Jumat (4/3). Kegiatan Islamic Study yang diadakan secara daring tersebut dihadiri oleh Manager Islamic Studies Ustadz Asep Sumarsana,Kepala KB-TK Bosowa Bina Insani  Femi Balti, guru-guru dan 58  siswa.

Acara ini menayangkan kolaborasi cerita ibu guru dan video tayangan cerita Isra  Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tema yang diangkat adalah  “Kisah  Isra Mi’raj  Nabi Muhammad yang  menakjubkan”.

“Tujuannya agar anak-anak KB-TK mengetahui kisah Isra Miraj Nabi Muhammad  dan apa yang diperintahkan  Allah kepada  umat Nabi Muhammad SAW,” kata PIC (Penanggung Jawab) kegiatan, Rina Marlina SPd Aud, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Dua siswa TK Bosowa Bina Insani mengumandankan adzan dan iqomah.  (Foto: Dok Bosowa School)

Acara peringatan Isra Mi’raj diawali pembacaan ayat suci Alquran Surat  Al Isra ayat 1  oleh Ananda Abyan dari kelompok B5. Kemudian dilanjutkan dengan kumandang adzan dan iqomah  oleh Kaka Arshaka dan Kaka Biruu dari kelompok B1, dan dilanjutkan dengan  bacaan doa doa shalat oleh Abang Rafif B3, Adzkia B2 dan Alina Alika B4.

Dua siswa TK Bosowa Bina Insani mengumandankan adzan dan iqomah.

Kemudian didisi dengan sambutan dari Kepala KB-TK Bosowa Bina Insani  Femi Balti  dan Ustadz Asep Sumarsana dari Islamic Studies.

“Tak lupa juga semua ibu guru  mengumandangkan shalawat Al Busyro bersama-sama. Setelah itu penampilan Kelompok Bermain dan Kelompok A,” tutur Rina.

Ia menyebutkan, Kelompok Bermain (KB) menampilkan Tepuk Shalat. Kelompok A1 menampilkan gerak dan lagu Shalat. Kelompok A2 menampilkan gerak dan lagu Shalat 5 Waktu.  Kelompok A3 menampilkan gerak dan lagu Ayo Shalat.

Inti dari acara peringatan Isra  Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah penayangan Kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.Kisah ini diceritakan oleh Kak Milky dan Kak Heni dan ditemani oleh boneka kecil Aisyah dan Tholib, yang dipegang dan disuarakan oleh Bu Nia dan Bu Ira.

Cerita yang berkolaborasi video dan disuarakan oleh ibu guru ini mengisahkan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha   mengendarai Buraq. Sebelum keberangkatan untuk melakukan perjalanan tersebut,  Nabi Muhammad dibersihkan dadanya oleh malaikat Jibril.Dalam rangka bertemu dengan Allah agar tidak ada hati yang kotor dan berpikiran positif selalu.

Dilanjutkan perjalanan menuju langit dan bertemu dengan nabi nabi terdahulu di setiap tingkat langitnya.Dilangit pertama bertemu dengan Nabi Adam,di langit kedua bertemu dengan Nabi Isa dan Nabi Yahya,di langit ketiga bertemu dengan Nabi Yusuf,di langit keempat bertemu Nabi idris,di  langit kelima bertemu Nabi Harun,di langit keenam  bertemu Nabi Musa dan di langit ketujuh bertemu Nabi Ibrahim.

photo
Para guru KB-TK Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor berkolaborasi dengan video tayangan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.  (Foto: Dok Bosowa School)

Kemudian Nabi Muhammad  bertemu dengan Allah SWT  di Sidratul Muntaha dan diberi perintah shalat  50 waktu. Kemudian Nabi Muhammad  turun lagi  ke langit  dan bertemu Nabi Musa. Ia menyarankan kepada Nabi Muhammad  agar meminta keringanan kepada Allah terkait perintah shalat tersebut. Demikianlh Nabi Muhammad SAW bolak-balik menghadap Allah untuk minta keringanan, sampai akhirnya perintah shalat itu lima waktu dalam sehari.

Nabi Muhammad kembali ke Masjidil Aqsha  dan melaksanakan shalat dua akaat. Malaikat Jibril memanggil ruh-ruh nabi nabi terdahulu untuk menjadi makmum Rasulullah.Nabi Muhammad kembali sebelum pagi hari ke Masjidil Haram. Maka selesailah perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad. 

“Tayangan kolaborasi membuat suasana menjadi khusyu. Anak-anak fokus melihat tayangan kisah Nabi Muhammad SAW. Semua senang dan happy.  Semoga kisah Isra Mi’raj ini menjadikan anak-anak menaati  perintah shalat dan mencintai nabi-Nya, Nabi Muhammad SAW. Acara ditutup denga  doa dan surat Al ‘Asr,” kata Rina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement