Rabu 02 Feb 2022 19:49 WIB

Nilai-Nilai Kebangsaan Perlu Ditanamkan dalam Pendidikan

Menanamkan nilai-nilai kebangsaan perlu dilakukan lewat pendidikan.

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko
Pendidikan/Ilustrasi

Aktivis Kemanusiaan, Alissa Wahid mengungkapkan, dirinya bersama Nenilai (Gerakan kerja sama para pakar dan penanggulangan kemiskinan, Bappenas dan DayaLima Abisatya untuk memajukan Indonesia)  melakukan inisiatif untuk memahami nilai-nilai yang ada di masyarakat lewat survei online dengan 50 ribu responden di tanah air yang dilakukan pada Juli-Desember 2020.

Survei Nenilai itu, ungkap Alissa, ditujukan untuk assesment nilai apa saja yang ada di masyarakat Indonesia terkait nilai-nilai pribadi, nilai yang berlaku di masyarakat dan nilai-nilai yang diharapkan. 

Hasil survei tersebut, tambah Alissa, mengungkapkan bahwa  bertanggungjawab, adil, dapat dipercaya, hidup sederhana, menghormati orang tua dan kejujuran menjadi nilai-nilai pribadi para responden. 

Namun, ujarnya, nilai yang berlaku di masyarakat menurut  para responden antara lain birokratis, aturan berbelit-belit dan korupsi. 

Menurut Alissa, antara nilai pribadi dan nilai yang ada di masyarakat sangat bertolak belakang, sehingga terjadi entropi budaya di Indonesia dengan nilai 42%, yang berpotensi menghambat proses pembangunan anak bangsa. 

Alissa berpendapat, bangsa Indonesia harus segera melakukan transformasi sosial untuk mewujudkan nilai-nilai yang diharapkan bangsa ini. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement