Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Hamilton Amankan Pole Position di GP Arab Saudi

Ahad 05 Dec 2021 03:47 WIB

Red: Israr Itah

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton beraksi dalam kualifikasi GP Arab Saudi di Sirkuit Jeddah, Sabtu (4/12).

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton beraksi dalam kualifikasi GP Arab Saudi di Sirkuit Jeddah, Sabtu (4/12).

Foto: EPA-EFE/STR
Max Verstappen start di p3 setelah menabrak pagar pembatas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lewis Hamilton merebut pole position Grand Prix Arab Saudi saat tampi tercepat pada sesi kualifikasi di Sirkuit Jeddah, Sabtu (41/12). Rivalnya dari tim Red Bull Max Verstappen menabrak pagar pembatas tikungan terakhir di lap pemungkas kualifikasi sehingga hanya start di P3.

Hamilton tampak kewalahan dengan understeer di sepanjang Q3, tapi ia mampu membawa mobil Mercedes-nya tercepat di lap terakhir dengan catatan 1:27,511, demikian catatan laman resmi Formula 1. Hamilton, yang tertinggal delapan poin dari Verstappen di puncak klasemen F1, akan ditemani oleh rekan satu timnya Valtteri Bottas yang membantu Mercedes mengunci dua posisi start baris terdepan.

Baca Juga

Verstappen, yang berpeluang mengunci gelar juara dunia akhir pekan ini di Jeddah, tampil paling cepat dari rival-rivalnya di upaya terakhirnya di babak kualifikasi. Ia nyaris 0,2 detik lebih cepat dari catatan waktu Hamilton ketika melaju di dua sektor pertama tapi melewatkan kesempatan emas meraih pole position ketika menyenggol pagar pembatas di tikungan terakhir sehingga mengakhiri upayanya. 

Catatan waktu terbaik Verstappen cukup untuk menempatkannya di P3, tapi ada kekhawatiran apakah ia mengalami kerusakan girboks karena kecelakaan tersebut, yang mana apabila ada pergantian komponen akan menyebabkan ia terkena penalti mundur lima posisi start. Charles Leclerc finis P4 untuk Ferrari di saat pembalap Red Bull lainnya Sergio Perez harus puas di P5.

"Itu terlihat seperti lap terbaik tahun ini," kata bos tim Red Bull Christian Horner soal upaya terakhir Verstappen sebelum tabrakan. "Lap yang sangat, sangat hebat. Dia tampil sangat mengejutkan."

Verstappen tampak tak senang dengan akhir sesi yang cukup menjanjikan itu."Saya tahu memiliki kecepatan dan itu terlihat pada akhirnya. Saya tidak terlalu mengerti apa yang terjadi tapi saya mendapati ban terkunci. Saya masih mencoba untuk menjaga mobil tetap di trek dan melaju tapi bagian belakangnya rusak dan harus berhenti," kata dia.

Hamilton mengejar hattrick setelah kemenangan di Brasil dan Qatar untuk memangkas jarak dari Verstappen. Ia merasa puas dengan hasil kualifikasi kali ini. "Bagi kami mendapat posisi start satu-dua, saya sangat bangga dengan Valtteri dan para pria dan wanita di tim kami yang telah bekerja sangat keras. Ini adalah hasil yang luar biasa," kata Hamilton.

Pole itu merupakan yang ke-103 dalam karier sang pembalap Inggris dan kelima kali baginya musim ini.

Pierre Gasly meneruskan penampilan impresifnya dengan mobil AlphaTauri dan mengamankan P6 setelah mengalahkan pembalap McLaren Lando Norris. Yuki Tsunoda membawa mobil AlphaTauri kedua di P8 di saat Esteban Ocon dan Antonio Giovinazzi melengkapi sepuluh besar untuk tim Alpine dan Alfa Romeo.

Daniel Ricciardo gagal mengikuti jejak rekan satu timnya di McLaren ke sepuluh besar saat sang pembalap Australia itu harus puas dengan P11, di depan driver Alfa Romeo Kimi Raikkonen.

Sementara Carlos Sainz secara mengejutkan tersingkir di Q2 setelah sempat kehilangan kendali mobil Ferrarinya dan mengalami sedikit kerusakan di sayap belakang karena menyenggol pagar pembatas. Pembalap Spanyol itu akan start P15 di balapan Ahad (5/12).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA