Senin 15 Nov 2021 05:20 WIB

Webinar Guru Digital Series #2 Kupas Pembelajaran Interaktif

Liveworksheet penting unyuk proses pembelajaran interaktif dan realtime.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar Webinar Guru Digital Series #2 yang memnbahas tentang pembelajaran inbterakktif dan menarik, Rabu (10/11).
Foto: Dok UNM
Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar Webinar Guru Digital Series #2 yang memnbahas tentang pembelajaran inbterakktif dan menarik, Rabu (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Nusa Mandiri (UNM) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) kota Depok, sukses mengadakan Webinar Guru Digital 2021 Series#2, secara daring pada Rabu (10/11). 

Mengusung tema ‘Pembuatan Penilaian Pengetahuan yang Interaktif dan Menarik’, kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Yudhiansyah sebagai narasumber pertama yang merupakan sekretaris MGMP bahasa Inggris SMK kota Depok, sekaligus instruktur nasional kurikulum 2013. Sedangkan narasumber kedua adalah Fabriyan Fandi Dwi Maniawan yang merupakan dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) sekaligus content creator. 

Membawakan materi Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif dengan Aplikasi Web Liveworksheet, Yudhiansyah menjelaskan liveworksheet dapat membantu para guru untuk mengoreksi tugas yang dikerjakan oleh para siswanya secara realtime dan interaktif. 

“Liveworksheet dapat digunakan oleh para guru agar lebih efektif dalam melakukan proses pembelajaran interaktif dan realtime. Sehingga,  siswa tidak merasakan pembelajaran yang monoton dengan hanya mendengarkan penjelasan guru saja. Liveworksheet juga bisa diakses kapanpun dan dimanapun, sehingga memiliki respons yang baik terhadap produk yang dihasilkan,”ungkap Yudhiansyah, Kamis (11/11).

Sementara itu, Fabriyan Fandi Dwi Maniawan sebagai narasumber yang kedua menjelaskan cara memanfaatkan aplikasi telegram sebagai alternatif pembelajaran daring. Telegram dipilih karena memiliki fitur bot tambahan yang memiliki berbagai fungsi dan dapat dimanfaatkan penggunanya melalui format perintah sendiri. 

“Bot telegram ini akan melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan interaksi pengguna. Ada beberapa bot telegram yang dapat digunakan, seperti Office2pdf yang berfungsi mengubah gambar, text atau file menjadi pdf. Selanjutnya, ada Quizbot yang dapat digunakan untuk membuat quiz, Pollr yang membantu membuat absensi  atau BotFather yang berfungsi membuat bot tanpa perlu coding,”jelas Fandi. 

Ia menambahkan untuk menggunakan fitur Pollr,  cukup mencari kata ‘pollr’ di kolom search kemudian klik start dan create poll, tulis judul absensi kehadiran dan klik ikon kirim. Selanjutnya hanya perlu menuliskan judul absensi kehadiran, ketik Hadir, Izin, Sakit, dan Tidak Hadir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement