Jatim Rebut Dua Emas Gulat

Pegulat putri Jatim Shinta Eka (atas) berusaha mengunci pegulat putri Papua Dewi Sartika (bawah) saat bertanding pada semifinal Gulat Gaya Bebas kelas 50 Kg Putri PON Papua di GOR Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (8/10/2021).
Pegulat putri Jatim Shinta Eka (atas) berusaha mengunci pegulat putri Papua Dewi Sartika (bawah) saat bertanding pada semifinal Gulat Gaya Bebas kelas 50 Kg Putri PON Papua di GOR Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (8/10/2021).
Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Kontingen Jawa Timur (Jatim) sukses merebut dua medali emas di hari pertama cabang gulat PON XX Papua 2021. Dua emas diraih Shintia Eka Arfenda dan Candra Marimar, masing-masing di kelas 50 kg dan kelas 53kg.

Bertarung di GOR Futsal KONI Merauke, Jumat (8/10) sore hingga malam, Shintia Arfenda di kelas 50kg sukses mengalahkan Anisa Safitri dari Kaltim. Sementara di kelas 53kg Candra Marimar mengungguli Eka Setiawati dari Jabar.

Di final kelas 50kg, medali perunggu untuk Eka Siska Suryani dari Sumbar. Kompetitor lainnya di kelas 50kg adalah Desi Rahayu (Jateng), Dewi Sartika Nasution (Papua), dan pegulat DKI Jakarta Selfie Ajeng yang gagal menyajikan penampilan terbaiknya sejak babak pertama.

Di kelas 53kg, Candra Marimar mengalahkan andalan Jabar yang mantan pegulat Asian Games 2018, Eka Setiawati. Perunggu untuk Dewi Ulfa, pegulat senior dari Kaltim. Kompetitor lainnya di kelas 53kg ini adalah Heka Maya Sari (Sumut), Meshke Y (Papua), dan Siti Raudah (Kalsel).

Kegagalan Dewi Ulfa merebut medali emas menjadi yang pertama dari empat penampilannya secara berturut-turut di PON. Dia datang ke Papua sebagai pencatat rekor peraih tiga medali emas. Pegulat andalan Kaltim ini di PON Papua turun kelas, dari biasanya di kelas 57kg ke kelas 53kg.

Ketua Binpres Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP PGSI) Gusti Randa berharap cabang olahraga gulat PON Papua memunculkan pegulat-pegulat juara yang bakal mewakili Indonesia di ajang SEA Games Hanoi yang ditunda ke tahun depan karena pandemik Covid-19.

"Seharusnya setelah PON Papua ini kami akan mengikuti SEA Games di Vietnam namun karena ada pandemi Covid-19, maka SEA Games Vietnam dibatalkan tahun ini," kata Gusti Randa.

Kompetisi gulat PON XX Papua memperebutkan 18 set medali dari 18 kelas di tiga kategori sesuai aturan Persatuan Gulat Dunia (UWW), yakni enam kelas di gaya grego putra, enam kelas gaya bebas putra, dan enam kelas gaya bebas putri.

Komentar

Terkait


Atlet biliar putri Jawa Barat Amanda R berusaha memasukkan bola saat bertanding pada final 10 Ball Double Putri PON Papua di Gor Biliar SP 5, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (8/10/2021). Amanda dan Annita berhasil meraih medali emas, sementara pasangan atlet biliar Papua Silviana-Nur Sukmawaty meraih medali perak sedangkan dua medali perunggu diraih pasangan atlet biliar Jakarta Fatrah-Desi dan pasangan atlet biliar Jawa Tengah Angeline-Vinda.

Final Biliar 10 Ball Double PON Papua

Pesenam Lampung Sutjiati K Narendra menunjukkan medali yang diperoleh dalam final senam ritmik perorangan PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). Sutjiati memperoleh dua medali emas dari nomor alat bola dan alat pita, sedangkan satu medali perak dari nomor serbabisa.

Si Cantik Sutji yang Jadi Idola Baru di Arena Senam

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule.

Update PON XX Papua, 57 Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pebulu tangkis putri Jawa Timur Sri Fatmawati berusaha mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis putri Bali Komang Ayu Cahya Dewi pada pertandingan semi final bulu tangkis beregu putri PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021).

DKI Tantang Jatim di Final Bulu Tangkis Beregu Putri

Atlet paralayang Jawa Tengah Thomas Widyananto beraksi pada nomor ketepatan mendarat PON Papua di Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021).

Pertandingan Paralayang PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image