Tinju PON Putri Ricuh, Jenderal Purnawirawan Turun Tangan

Ilutrasi. Pertandingan tinju putri PON XX Papua di Gor Cendrawasih, Jayapura, Papua, Selasa (5/10).
Ilutrasi. Pertandingan tinju putri PON XX Papua di Gor Cendrawasih, Jayapura, Papua, Selasa (5/10).
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha/YU

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina), Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak, turun tangan meredakan kisruh hasil pertandingan tinju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Kisruh kecil terjadi selepas laga nomor terbang ringan (45-48kg) putri antara petinju Papua Barat Merlin Tomalata menghadapi wakil tuan rumah Hana Kendi di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Selasa.

Keputusan wasit dan hakim yang menyatakan Hana Kendi menang, direspon kurang elok oleh tim Papua Barat yang melancarkan protes keras kepada panitia pertandingan. Petugas keamanan pun harus diturunkan untuk melerai.

Sementara petugas keamanan melerai tim Papua Barat, suporter mereka yang berada di tribun GOR Cendrawasih masih melancarkan cemoohan ketidakpuasan yang membuat Komaruddin naik ke ring untuk menenangkan publik. Beberapa menit menyampaikan seruan kepada suporter dan penonton, Komaruddin akhirnya turun dari ring dan rangkaian pertandingan dilanjutkan antara petinju Nusa Tenggara Timur Sandu Nestavari Calvin menghadapi wakil Nusa Tenggara Barat Endang di nomor terbang ringan (45-48kg) putri.

"Itu sebetulnya tidak by design ya, tiba-tiba saja," kata Komaruddin saat ditemui di sela-sela jeda pertandingan.

"Langkah-langkah antisipasi sudah kami konsepkan. Wasit dan hakim kami kumpulkan, saya bentuk dewan hakim,'' katanya. ''Tujuannya supaya semua terlahir keadilan dan ketulusan. Tapi kan tidak semua bisa dipastikan.''

Komaruddin memastikan panitia pertandingan masih meninjau ulang keputusan tersebut, dengan bantuan teknologi tayangan ulang lambat guna memastikan.

Di lain pihak, Komaruddin mengaku sudah memberi peringatan kepada para wasit dan hakim yang bertugas di PON Papua bahwa mereka bisa dicabut izinnya bila kedapatan kerap bermasalah. "Sebelum mereka bertugas saya sudah bilang, kalau sampai ada yang tiga kali ambil keputusan tak sesuai aturan akan dihentikan izin tugasnya," tutup Komaruddin.

Cabang tinju PON Papua dijadwalkan berlangsung 5-13 Oktober di GOR Cendrawasih, Jayapura, memperebutkan 17 medali emas.

Komentar

Terkait


Jalannya laga cabang olahraga basket putri antara Jawa Tengah melawan Jawa Barat di Mimika Sport Complex. Selasa (05/10).

Juara Bertahan Tersingkir tanpa Satu pun Kemenangan

Pelompat jauh Bali Maria Natalia Londa (tengah), pelompat jauh Papua Vinsensia Awutet Amjaram (kiri), dan pelompat jauh Nusa Tenggara Barat (NTB) Rohani (kiri) berpose dengan medali mereka usai bertanding dalam babak final lompat jauh putri cabang atletik PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Maria meraih medali emas, sementara Rohani meraih medali perak dan Vinsensia meraih medali perunggu.

Maria Londa Urungkan Niat Pensiun untuk Kedua Kali

Ilustrasi. Pertandingan cabang olahraga biliar PON XX Papua di Gor Biliar SP 5, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10).

Rico Wijaya Incar Emas Kedua Biliar

Logo PON XX Papua

Enam Atlet PON Papua di Kota Jayapura Positif Covid-19

Pasien Covid-19 klaster PON XX Papua rata-rata mengalami gejala ringan hingga OTG.

29 Kasus Positif Covid-19 Ditemukan di Empat Klaster PON XX

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image