Pelatih Tim Putri Babel Kritik Kepemimpinan Wasit Wanita

Salah satu pertandingan sepak bola putri PON Papua 2021 di Stadion Katapal, Kabupaten Merauke, Papua.
Salah satu pertandingan sepak bola putri PON Papua 2021 di Stadion Katapal, Kabupaten Merauke, Papua.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Pelatih sepak bola putri Bangka Belitung (Babel), Fila Hadianto, melontarkan kritik terhadap kepemimpinan wasit wanita dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Fila menilai kepemimpinan wasit wanita pada sepak bola putri PON Papua masih kurang tegas, terutama dalam membuat keputusan saat pelanggaran.

Hal itu yang menurut Fila dapat menimbulkan kerugian bagi pemain dari kedua tim.

"Kami tidak butuh dibela tapi kami ingin begitu memimpin itu benar-benar kalau pelanggaran, itu benar pelanggaran, laksanakan, kalau kartu, kartulah," kata Fila usai laga melawan Kalimantan Tengah di Stadion Katapal Merauke, Selasa (5/10).

Pertandingan yang dimenangi Bangka Belitung 3-0 itu dipimpin oleh wasit Samsia Arsad dibantu oleh asisten wasit 1 Sherli Putri dan asisten wasit 2 Meri Apriani.

Fila mengatakan, ketegasan wasit sangat diperlukan terutama saat terjadi kontak fisik antarpemain yang berpotensi menimbulkan cedera dan butuh penanganan yang cepat.

"Sehingga tidak berdampak kepada pemain yang mengalami cedera karena sekarang ini sepak bola putri sedang dibangun," jelas Fila.

Fila pun berharap ke depannya agar kepemimpinan wasit wanita dapat lebih tegas lagi dalam mengambil keputusan. "Kami meminta kepada wasit agar kepemimpinan lebih tegas lagi karena kita di sini aset pemain banyak, jadi jangan sampai mengalami cedera yang fatal," tegasnya.

Komentar

Terkait


Sejumlah atlet menembak mengikuti babak kualifikasi Menembak 10 meter air rifle putri PON Papua di Lapangan Tembak Indoor Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021).

Kualifikasi Menembak 10 Meter Air Rifle Putri

Menko PMK Muhadjir Effendy (ketiga kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Menpora Zainuddin Amali (kanan), dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas (kiri) menerima baju tim basket Papua usai menyaksikan pertandingan bola basket di GOR Mimika Sport Centre, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (4/10/2021).

Fasilitas PON Bisa Dimanfaatkan untuk Pembinaan Talenta Muda

Prokes PON XX Papua.

Penonton PON Papua Masih Ada yang Lalai Jalankan Prokes

Atlet layar DKI Jakarta di PON Papua 2021 di perairan Pantai Hamadi, Jayapura, Papua, Senin (4/10).

Tekad Nurul Rahma Persembahkan Emas untuk DKI

 Andreas Marcellino Bonfillio (kanan) asal Jawa Timur berhadapan dengan Fransiscus Bryan Prasetio asal Bangka Belitung pada laga penyisihan grup basket putra PON Papua 2021 di GOR Sport Centre, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (4/10).

Belum Pikirkan Semifinal, Tim Basket Jatim Fokus Vs Bali

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image