Jatim Buka Jalan ke Semifinal Basket Putra 5x5

 Andreas Marcellino Bonfillio (kanan) asal Jawa Timur berhadapan dengan Fransiscus Bryan Prasetio asal Bangka Belitung pada laga penyisihan grup basket putra di GOR Sport Centre, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (4/10).
Andreas Marcellino Bonfillio (kanan) asal Jawa Timur berhadapan dengan Fransiscus Bryan Prasetio asal Bangka Belitung pada laga penyisihan grup basket putra di GOR Sport Centre, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (4/10).
Foto: PB PON XX PAPUA 2021/Peksi Cahyo

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Tim bola basket putra 5x5 Jawa Timur (Jatim) membuka jalan lolos ke babak semifinal PON XX Papua setelah mengalahkan tim Kepulauan Bangka Belitung dengan skor 73-52 pada laga Pool B di Mimika Sport Complex, Mimika, Senin (4/10). Hasil tersebut membuat Jatim mengoleksi dua kemenangan dan sekali kalah dari tiga laga.

Jatim masih memiliki satu partai sisa yakni kontra Bali pada Rabu (6/10). Ini akan jadi laga hidup mati bagi kedua tim terlepas hasil yang diraih Bali melawan Sulawesi Utara (Sulut) pada Selasa (5/10). Bali dan Sulut sama-sama belum terkalahkan. 

Baca Juga

Jika Sulut menang atas Bali, maka Jatim--yang kalah dari Sulut--hanya perlu mengalahkan Bali dengan skor berapa pun untuk lolos ke semifinal sebagai runner-up Pool B. Jika Bali yang menang atas Sulut, harus dilihat selisih skor kemenangan tersebut. Jatim wajib menang dengan selisih skor lebih besar dari selisih skor kekalahan kontra Sulut 72-76. Jatim juga berpeluang menjadi juara grup.

Pada laga kontra Babel, tim Jatim yang dimotori guard Dio Tirta Saputra tertinggal 0-3 pada awal kuarter satu. Akan tetapi Jatim pelan-pelan mengejar ke 7-7, hingga Ikram Fadhil membawa timnya semakin menjauhi Babel 13-7. Kuarter itu berakhir dengan skor 18-11 untuk keunggulan Jatim.

Kuarter kedua, Ikram Fadhil lagi-lagi membuat Jatim melesat dengan dua angkanya, 32-19. Febrianus Khiando memperoleh tiga poin, tetapi Jatim masih sulit terkejar dan menutup kuarter itu dengan skor 34-23.

Usai jeda, kondisi tidak berubah dengan Babel yang nyaris terkurung dalam tekanan. Bahkan ada momen Jatim membuat selisih kedudukan sampai 21 poin, sebelum menyelesaikan kuarter itu dengan skor 52-35. Kuarter pamungkas, Jawa Timur yang tampil disiplin menyegel kemenangan dengan skor 73-52.

Dio Saputra memimpin perolehan poin Jawa Timur dengan 17 poin, tiga rebound dan tiga assist. Di kubu Babel, ada tiga pemain yang membuat masing-masih 10 poin yaitu Antoni Erga, Aldi Falentino, dan Febrianus Khiando.

Komentar

Terkait


Petenis Jawa Timur Aldila Sutjiadi mengembalikan bola ke arah lawannya petenis DKI Jakarta Fitriani Sabatini dalam pertandingan babak final tenis beregu putri PON Papua di Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021). Aldila berhasil menang 1-6, 6-4 dan 7-6 untuk membawa Jawa Timur unggul sementara 1-0.

Aldila Optimis Persembahkan Hattrick Emas

Atlet taekwondo Jawa Barat Aqila Aulia meluapkan emosinya usai berhasil mengalahkan atlet Jawa Tengah Nabila Amalia saat pertandingan final Taekwondo kategori Kyorugi kelas under 57 kg putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021). Atlet taekwondo Jawa Barat Aqila Aulia berhasil meraih medali emas disusul atlet Jawa Tengah mendapat medali perak dan Kalimantan Timur serta Bali medali perunggu.

Usai Emas PON, Aqila Bidik SEA Games

Ilustrasi. Perlombaan cabor panjang tebing PON XX digelar di Arena Panjat Tebing SP2 Mimika,

Tidak Kenakan Masker, Atlet PON tidak Dilayani

Rudy William Keltjes

Rudy Keltjes Ingatkan Pemain Jatim, Ini Pesannya

Covid 19 (ilustrasi).

Atlet Terkonfirmasi Positif, Wiku: Partisipasinya Ditunda

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image