Atlet Panjat Tebing Putri NTB Bangga Bisa Raih Emas PON XX

Atlet panjat tebing Nusa Tenggara Barat Ayu Fatullah beraksi di PON Papua di Arena Panjat Tebing SP 2, Kabupaten Mimika, Jumat (1/10).
Atlet panjat tebing Nusa Tenggara Barat Ayu Fatullah beraksi di PON Papua di Arena Panjat Tebing SP 2, Kabupaten Mimika, Jumat (1/10).
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Tiga Atlet panjat tebing putri dari Nusa Tenggara Barat (NTB) Nurul Iqamah mengatakan ia dan Anggun Yolanda, Ayu Fatullah, dan Ade Irma Suryani sudah lama memimpikan bisa meraih medali emas kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dari nomor boulder beregu putri.

"Akhirnya mimpi empat tahun lalu itu bisa terwujud pada hari ini," kata Nurul saat sesi konferensi pers di Arena Panjat Tebing SP2 Mimika, Senin (4/10).

Medali emas yang didamba-dambakan mereka itu diserahkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy bersama maskot PON XX Papua, Kangpho dan Drawa secara langsung kepada mereka berempat.

"Kami semua sempat bersalaman dengan pak Menteri (Koordinator) di podium," kata Nurul.

Turut hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Sekretaris Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua tahun 2021 Subklaster Mimika Cesar Avianto Tunya menyaksikan upacara penghormatan pemenang (UPP) mereka.

Nurul mengatakan, medali emas tersebut sangat istimewa karena menjadi medali emas pertama yang diraih NTB di panjat tebing PON XX Papua, sekaligus menjadi medali emas nomor panjat tebing yang pertama kali dimenangkan oleh regu boulder putri NTB sejak vakum dari kejuaraan sekitar satu tahun.

"Ini kejuaraan pertama, jadi kami terakhir ikut kejuaraan itu di Pra-PON 2019. Setelah itu sama sekali tidak mengikuti kejuaraan. Baru sekarang kami mengikuti kejuaraan lagi," kata Nurul.

Komentar

Terkait


Cabor Panahan PON Papua XX (ilustrasi)

Jabar dan Riau Berbagi Emas Panahan Nomor Compound

Prokes PON XX Papua

Infografis Prokes PON XX Papua

PLN terus berupaya memastikan keandalan sistem kelistrikan untuk menyukseskan PON XX Papua. Guna memastikan hal tersebut, PLN melakukan simulasi kelistrikan, salah satunya di venue Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika.

3 Strategi Kementerian ESDM Jaga Keandalan Listrik PON Papua

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar berharap dengan terselenggaranya PON yang aman, serta terjaganya fasilitas olahraga berstandar nasional dan internasional, ke depannya akan lebih banyak lagi muncul atlet nasional asli Papua.

BNPT Turut Amankan Jalannya PON Papua

Atlet Wushu Jatim William Ajinanta dan Nicholaus Karanka beraksi pada final Wushu Taolu kategori Duilian Putra PON Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim Wushu Jatim meraih medali emas pada perlombaan tersebut.

Jawa Timur Juara Umum Wushu PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image