Ini Pesan Ganip ke Penonton Sepak Bola PON XX

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kepala BNPB - Letjen TNI Ganip Warsito. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Ganip Warsito memberikan catatan penting kepada penyelenggara sepak bola putra. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengingatkan kepada penyelenggara untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan para penonton untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan.
Kepala BNPB - Letjen TNI Ganip Warsito. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Ganip Warsito memberikan catatan penting kepada penyelenggara sepak bola putra. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengingatkan kepada penyelenggara untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan para penonton untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Satgas Ganip Warsito ingatkan penyelenggara PON XX selalu jaga prokes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Potensi penularan Virus Covid-19 bisa saja terjadi apabila penerapan disiplin protokol kesehatan tidak dijalankan saat pertandingan PON XX. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Ganip Warsito memberikan catatan penting kepada penyelenggara sepakbola putra.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengingatkan kepada penyelenggara untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan para penonton untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan.

"Saya minta untuk penyelenggara, selalu diingatkan kepada para penonton yang hadir untuk selalu menjaga disiplin protokol kesehatan," ujar Ganip dalam keterangan, Jumat (1/10).

"Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan," tambah Ganip.

Hal ini dikarenakan antusiasme para warga cukup tinggi apabila ada pertandingan sepakbola berlangsung, terlebih lagi jika tim tuan rumah sedang bertanding, agar jumlah penonton tetap dapat diatur dari kapasitas stadion yang ada.

BNPB selaku Ketua Satgas selalu memberikan dukungan terhadap penerapan disiplin protokol kesehatan demi kesuksesan acara PON XX terselenggara dengan aman dan terhindar dari penularan Covid-19. 

Pada Kamis (30/9) kemarin, Ganip melakukan peninjauan venue yang menyelenggarakan pertandingan PON XX. Terdapat tiga venue yang sudah dilakukan peninjauan yakni venue cabang olahraga (cabor) Tenis, venue cabor dayung dan venue sepak bola putra yang terletak di Kota Jayapura. Pada peninjauan venue tenis, terlihat alur masuk para penonton yang terlebih dahulu dilakukan screening awal oleh pihak penyelenggara. Salah satu syarat bagi para penonton yang akan hadir harus membawa surat bebas covid melalui tes antigen.

Di pintu masuk venue juga disediakan tes antigen bagi para penonton dan staff yang belum melakukan tes sebelumnya. Hal ini dibenarkan oleh Made selaku koordinator keamanan di venue tenis.

"Betul, harus swab terlebih dahulu atau membawa surat hasil negatif tes antigen 1x24 jam untuk masuk jadi penonton," ujar Made saat melaporkan situasi dan kondisi terkini kepada Ganip.

Ganip juga menyempatkan melihat gerai masker yang diinisiasi BNPB ditiap lokasi venue yang dikunjunginya. Sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan pun tak luput dari peninjauan Ganip.

Terlihat di setiap pintu masuk, sudah terdapat tempat untuk cuci tangan dan handsanitizer di beberapa titik lokasi venue. Namun masih terdapat venue yang belum menepatkan alat pengukur suhu di depan pintu masuk.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua Barat.  Kunjungan kerja tersebut akan diawali dengan peresmian Alun-alun Kabupaten Sorong, Jumat (1/10).

Di Papua, Ridwan Kamil Desain dan Resmikan Alun-alun Sorong

Sejumlah bocah menyaksikan hiburan saat Gebyar PON XX Papua Kluster Kota Jayapura di Lapangan Karang Papua Trade Center (PTC) Entrop, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (4/9/2021). Gebyar PON XX Papua Kluster Kota Jayapura tersebut menghadirkan hiburan penyanyi nasional, lokal, stan kreatif kuliner UMKM se-Kota Jayapura dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Instruksi Pemerintah bagi Bupati Penyelenggara PON XX Papua

Foto udara Stadion Lukas Enembe jelang pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021).

Ratusan Relawan Jaga Kebersihan Stadion Lukas Enembe

 Pembagian makanan gratis bagi warga di lapak pemulung tersebut merupakan salah satu kepedulian Polri di tengah pandemi.

Mobilitas Dilonggarkan, Masyarakat Diminta Tidak Terlena

 Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta agar seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggara PON XX Papua baik pemerintah daerah, atlet, hingga relawan benar-benar memastikan penerapan protokol kesehatan selama ajang ini berlangsung. Pelaksanaan PON XX Papua sendiri berlangsung mulai 2-15 Oktober 2021.

Satgas Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan Selama PON XX

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image