Deretan Bintang Tenis yang Bikin Semangat

Petenis muda berbakat, Priska Madelyn Nugroho, menjadi andalan tuan rumah Papua pada PON XX.
Petenis muda berbakat, Priska Madelyn Nugroho, menjadi andalan tuan rumah Papua pada PON XX.
Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Cabang olahraga tenis Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua menampilkan sederet bintang tenis Indonesia. Kehadiran mereka ternyata membawa semangat bagi para atlet muda Papua.

Natalia Cellina Kallem (16) mengatakan bahwa kehadiran atlet dan petenis senior di arena Sian Soor Tennis Center, halaman kantor Wali Kota Jayapura, memotivasi dirinya untuk lebih giat berlatih. "Mereka di sini sangat memotivasi kita di Papua. Kita lihat mereka punya cara bermain, cara latihannya bagaimana, agar kita bisa mengikutinya," kata Natalia kepada Antara, kemarin, di sela kesibukannya bertugas sebagai ball girls atau pemungut bola.

Tidak seperti dua gelaran PON sebelumnya, PON 2020 Papua tidak lagi memberlakukan aturan batasan usia. Cabang olahraga tenis lapangan memberlakukan pembatasan usia U-21 tahun, yang merupakan keputusan Pengurus Pusat Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (PP Pelti) di ajang PON 2012 Riau dan PON 2016 Jawa Barat.

Kini, tak adanya pembatasan usia membuat sejumlah atlet senior, yang telah banyak memenangi ajang multievent dan turnamen internasional, dapat berkompetisi di PON XX Papua. Salah satunya adalah Christopher Rungkat.

Kehadiran bintang tenis nasional juga membuat Aen Riozetia Moh Dubby Puarada (13) menjadi lebih bersemangat. "Tambah semangat untuk menjadi lebih berprestasi ke depannya," kata Aen yang baru dua tahun bergabung dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Papua.

PON XX Papua juga menghadirkan sejumlah nama baru. Satu di antaranya petenis muda berbakat wakil dari tuan rumah, Priska Madelyn Nugroho, yang baru saja menyelesaikan tur Eropa Junior Grand Slam. Penampilan Priska dan rekan-rekannya di tim Papua membuat Eirene M Wenda (16) termotivasi untuk berlatih lebih giat.

"Saya sangat termotivasi dengan atlet-atlet dari Papua karena sampai sekarang saya melihat mereka mainnya sangat bagus, terus fisiknya juga bagus," kata Eirene. "Dari situ saya termotivasi untuk lebih serius latihan, lebih giat latihan, agar saya ke depannya bisa sama seperti mereka, agar PON ke depannya saya bisa tampil.''

Cabang olahraga tenis telah bergulir mendahului jadwal resmi PON XX Papua yang akan dibuka 2 Oktober dan ditutup pada 15 Oktober. Laga perdana cabor tenis dimulai pada Ahad (26/9). Pertandingan akan berlangsung hingga 7 Oktober dengan tujuh nomor pertandingan.

Komentar

Terkait


Menko Polhukam Mahfud (tengah) didampingi Mendagri Tito Karnavian (kedua kiri) meninjau Venue Kriket di Kampung Doyo Lama, Kabupaten, Sentani, Jayapura, Papua, Sabtu (11/9/2021). Kunjungan Menko Polhukam untuk meninjau kesiapan venue jelang PON Papua.

Mahfud Pastikan Keamanan Jelang Pembukaan PON XX Papua

Atlet Wushu Jatim Alisya Mellynar mengikuti latihan di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). Wushu merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Jatim dan Alisya menjadi salah satu atlet Wushu unggulan yang diharapkan mampu meraih medali emas pada PON Papua.

Alisya Mellynar, Sepotong Donat dan Kejutan Emas PON

Atlet Lompat jauh asal Papua Maria Natalia Londa membawa api abadi saat Kirab Api PON XX Papua di Alun-alun Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (28/9/2021). Api PON XX Papua diarak di beberapa wilayah yakni Sorong, Biak, Timika, Wamena, Merauke, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan berakhir di Stadion Lukas Enembe untuk upacara penyalaan Kaldron pada Pembukaan PON XX Papua.

PON XX Papua, Pengalaman Baru Maria Londa

Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah melakukan inisiasi pembentukan gerai masker di beberapa lokasi Venue Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura.

Mobil Masker Dikerahkan Jelang PON XX Papua

BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional kali ini memberikan pembekalan kepada 108 relawan di Kabupaten Merauke jelang PON XX Papua. Peningkatan kapasitas relawan ini untuk mendukung penguatan protokol kesehatan (prokes) selama pesta olahraga di tengah pandemi Covid-19.

Panitia Perlu Tindak Tegas Pelanggar Prokes PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image