Pelatih: Jawa Timur tidak bisa Keluar dari Tekanan Sulut

Pertandingan bola basket PON Papua 2021.
Pertandingan bola basket PON Papua 2021.
Foto: ANTARA/Novrian Arbi

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Pelatih tim bola basket 5x5 putra Jawa Timur (Jatim) Kencana Wukir menyebut alasan kekalahan skuadnya dari tim Sulawesi Utara dengan skor 72-76 pada laga Pool B PON XX Papua, Kamis (30/9). Tim Jatim tidak bisa keluar dari tekanan lawan.

"Kami tak bisa lepas dari tekanan lawan sehingga kami membuat banyak kesalahan," ujar Kencana usai pertandingan di Mimika Sport Complex, Mimika.

Buktinya, pria yang terpilih sebagai pelatih terbaik Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2017/2018 itu melanjutkan, Jawa Timur membuat 21 kali kekeliruan (turnover) saat berhadapan dengan Sulut. Sedangkan sang lawan hanya melakukan sembilan kali turnover.

Sulut pun dapat memanfaatkan situasi dengan membuat 16 poin akibat turnover Jawa Timur tersebut. Di sisi lain, Jatim cuma menghasilkan sembilan poin dari turnover lawan.

Kencana Wukir menambahkan, laga berjalan semakin sulit bagi timnya menyusul pengambilan keputusan yang tak ideal pada kuarter ketiga saat Jatim unggul.

"Jujur, saya sedikit terlambat mengambil keputusan. Apakah kami harus time-out atau melakukan pergantian pemain. Momentum jadi lepas. Namun, di atas itu, saya mengapresiasi para pemain yang sudah bermain 100 persen sampai akhir laga. Kami berharap lebih baik pada laga berikutnya," jelas Kencana.

Sementara, kapten tim Jatim Ikram Fadhil menjamin penampilan timnya tidak terpengaruh dari kekalahan dari laga itu. Ikram justru memastikan tim Jatim semakin bersemangat untuk lolos dari penyisihan grup.

"Untuk itu, kami harus memenangkan tiga pertandingan di depan," kata Ikram.

Tim Jawa Timur menyisakan tiga laga di Pool B PON XX Papua, yaitu melawan tim tuan rumah Papua, pada Jumat (1/10). Kemudian, Jatim akan menghadapi tim Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (4/10), dan Bali pada Rabu (6/10).

Komentar

Terkait


Tim bola basket 5x5 putri Sulawesi Selatan (seragam putih) bertanding menghadapi DKI Jakarta dalam laga Pool Y PON XX Papua di Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis (30/9/2021). Sulawesi Selatan memenangkan pertandingan itu dengan skor 66-56.

Pelatih Sulsel tak Sangka Timnya Mampu Tekuk DKI Jakarta

Foto udara Stadion Lukas Enembe jelang pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Pembukaan PON Papua akan digelar pada 2 Oktober mendatang.

Foto Stadion Lukas Enembe Jelang pembukaan PON Papua

Sejumlah atlet panahan putri membidik sasaran pada babak kualifikasi Panahan Putri 50 meter Compound PON Papua di Lapangan Kampung Harapan, Sentani, Papua, Rabu (29/9/2021).

Kualifikasi Panahan 50 M Compound Putri PON Papua

Atlet panahan putra Jawa Timur Riau Ega Agata membidik sasaran pada babak kualifikasi Panahan 70 M Recurve putra PON Papua di Lapangan Kampung Harapan, Sentani, Papua, Rabu (29/9/2021).

Babak Kualifikasi Panahan 70 M Recurve PON Papua

Judoka Papua Ilham Fadillah (atas) bertanding melawan judoka Kalimantan Barat Beta Awari dalam babak final nomor 55 kilogram cabang judo PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Kabupaten Mimika, Rabu (29/9/2021). Ilham memenangkan pertandingan tersebut sekaligus meraih medali emas nomor 55 kg.

Kontingen Papua Raih Medali Emas Pertama dari Cabang Judo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image