Tim Wushu Jabar Intip Kans Lebihi Target 4 Emas di PON Papua

Atlet wushu sedang berlatih. Ilustrasi.
Atlet wushu sedang berlatih. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Tim wushu Jawa Barat (Jabar) menyatakan sedikitnya empat medali emas dapat direbut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXPapua 2021. Namun sang pelatih, Nanang Soleh, mengintip peluang untuk melebihi target awal tersebut.

Ditemui di arena wushu di GOR KONI Merauke, Selasa (28/9), Nanang mengungkapkan tujuh atlet wushu sanda (tarung) dan tujuh atlet wushu taolu (seni) Jawa Barat telah tiba di Merauke sejak 23 September untuk melakukan aklimatisasi lebih dini dari tenggat yang diberikan PB PON yaitu H-3 dari 29 September 2021.

"Kami memiliki target minimal empat medali emas. Kami targetkan di sanda kami ada tiga emas minimal, kemudian di taolu kami minimal ada satu emas," kata Nanang. "Harapannya mencapai tujuh emas."

Menurut sang pelatih, proses aklimatisasi arena sangat penting untuk membantu para atlet tampil baik ketika hari pertandingan. Oleh karena itu, Nanang sangat mengapresiasi panitia penyelenggara yang telah menyediakan arena pemanasan yang representatif dan kesempatan berlatih kepada calon-calon pesaing tuan rumah.

"Sebelum H-3 dari PB PON kami sudah bisa latihan, jadi saya simpulkan Merauke, Papua, sangat baik melayani," kata Nanang.

Jabar akan tampil di tujuh kelas sanda dari 11 kelas yang dipertandingkan.

Selviah Pertiwi akan turun di kelas 52kg putri, kemudian Ade Permana di kelas 48kg putra, Jimy Stif Menda di kelas 56kg putra, Gugun Gusman di kelas 60kg putra, Yudi Cahyadi di kelas 65kg putra, dan Reksa Aditya di kelas 70kg putra.

Sementara di nomor taolu, Jabar memiliki dua atlet pelatnas yaitu Tasya Ayu Puspa Dewi dan Zoura Nebulani. "Di taolu, kami ada tujuh atlet meskipun yang lolos pra-PON ada sepuluh, tapi kami juga melihat peluang, ada tujuh yang kami ikutsertakan," kata Nanang.

Sebelumnya, Sekjen PB Wushu Indonesia Ngatino menyatakan, peta persaingan di cabang olahraga wushu PON kali ini akan sulit diprediksi karena pandemi. Akan tetapi, Jabar akan memberi perhatian khusus kepada sejumlah tim rival seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, selaku juara umum PON 2016, dan Jawa Tengah.

Wushu menjadi cabang olahraga yang pertama kali dipertandingkan di Merauke, yang juga bakal menggelar pertandingan sepak bola putri, anggar, gulat, catur, dan bermotor. Cabang olahraga wushu digelar dari 29 September hingga 3 Oktober 2021 dengan memperebutkan 23 medali emas dari nomor taolu dan sanda.

Komentar

Terkait


Pedayung Riau Maizir Riyondra menunjukkan medali emasnya usai memenangkan final canoeing MK1 1000 PON Papua di Teluk Youtefa, Papua, Selasa (28/9/2021). Maizir berhasil meraih emas, sementara perak direbut Joko Andriyanto asal Jambi dan perunggu diraih Angga Suwandi Putra asal Jakarta.

Riau Raih Emas Dayung Nomor MK1 1000 Putra

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi (kiri) melepas sejumlah atlet kontingen PON Sumbar ke Papua, di Kantor Gubernur Sumatra Barat, di Padang, Senin (27/9/2021). Kontingen Sumbar dengan 188 atlet resmi dilepas untuk mengikuti PON Papua dan bertekad meraih peringkat 10 besar.

Gubernur Sumbar Optimistis Para Atlet Berprestasi di Papua

Warga menyaksikan babak semifinal canoeing 1000 meter PON Papua dari atas perahu di Teluk Youtefa, Papua, Senin (27/9/2021).

Warga Antusias Tonton Perlombaan Dayung PON XX Papua

Pedayung DKI Jakarta Lukmanul Hakim dan Andri Surya Medari bersiap untuk berlaga dalam semifinal canoeing MK2 1000 PON Papua di Teluk Youtefa, Papua, Senin (27/9/2021).

Semifinal Canoeing 1000 Meter PON Papua

Ilustrasi transaksi digital. PON Papua jadi ajang memperkenalkan transaksi digital bagi UMKM di Mimika.

PON Papua Ajang Perkenalan Transaksi Digital ke UMKM

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image