Kamis 02 Sep 2021 17:22 WIB

Tak Terhalang Pandemi, Bea Cukai Lepas Ekspor di Tiga Tempat

Bea Cukai terus lakukan terobosan inovasi untuk tingkatkan akses pasar dan ekspor

Dalam seminggu terakhir, Bea Cukai Bandar Lampung, Bea Cukai Belawan, dan Bea Cukai Yogyakarta telah melepas ekspor komoditas daerah masing-masing, yang diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional
Foto:

Pelepasan ekspor juga terlaksana di Bandar Lampung, Bea Cukai melepas pelayaran perdana ekspor produk asal lampung dengan layanan pelayaran rute baru dari Pelabuhan Panjang Bandar Lampung menuju Singapura secara direct. Acara tersebut dilaksanakan di Unit Terminal Peti Kemas Pelabuhan Panjang pada tanggal 29 Agustus 2021. “Layanan rute baru diluncurkan untuk menghubungkan antara Provinsi Lampung melalui Pelabuhan Panjang menuju Singapura oleh Meratus Line, yang kali ini akan membawa komoditas ekspor berupa produk olahan nanas dari PT Griat Giant Pineapple (PT GGP),” jelas Firman.

Ia berharap inisiasi semacam itu ke depannya lebih sering terbentuk, sehingga semakin banyak perusahaan yang melakukan ekspor ke luar negeri untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. “Kami sebagai stakeholder di bidang kepabeanan, berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan melalui sistem yang terus diperbarui sehingga dapat mengakomodir kebutuhan eksportir yang membutuhkan pelayanan yang lebih transparan dan lebih efisien dari segi waktu dan biaya,” tegasnya.

Selain di Yogyakarta dan Bandar Lampung, Bea Cukai juga melaksanakan pelepasan ekspor perdana jengkol dan petai yang diselenggarakan oleh Balai Besar Karantina Pertanian. Komoditas asal sub sektor hortikultura tersebut telah melalui proses serangkaian tindakan karantina dan telah dipastikan memenuhi persyaratan teknis negara tujuan oleh pejabat karantina, dan diberangkatkan melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Jengkol dan petai senilai Rp339 juta rupiah ini telah mampu menembus persyaratan negara Jepang yang cukup ketat.

 

“Ekspor merupakan hal yang sangat baik karena kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi nasional. Sebagai mana diketahui, Bea Cukai pun telah memberikan banyak fasilitas terutama fasilitas fiskal untuk membantu pertumbuhan para pelaku ekonomi khususnya UMKM di masa pandemi. Kami berharap ekspor Indonesia bisa lebih optimal dan pulih dari pandemi Covid-19,” tutur Firman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement