Jumat 20 Aug 2021 17:59 WIB

Beasiswa Pendidikan Selamatkan Masa Depan SDM Indonesia

Sejumlah pihak berlomba-lomba memberikan beasiswa untuk menyelamatkan SDM Indonesia.

Sejumlah pihak memberikan beasiswa pendidikan kepada pelajar yang terdampak pandemi Covid-19. Foto: Siswa-siswi Sekolah Dasar mengikuti pelajaran di sekolahnya. (ilustrasi)
Foto:

Beasiswa Perusahaan

Sejumlah perusahaan tergerak menggelontorkan beasiswa di tengah pandemi Covid-19, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Mengusung semangat bangkit di tengah pandemi dengan berbagi, melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), BRI Peduli berupa pemberian Dana Bantuan Pendidikan (Beasiswa) kepada 1.800 anak tenaga pendukung kesehatan/medis di berbagai daerah di Indonesia.

Para penerima manfaat merupakan para pelajar (anak sekolah) dari SD/sederajat, SMP/sederajat hingga pelajar SMA/sederajat dan merupakan anak-anak tenaga pendukung Kesehatan/medis seperti supir ambulans, tenaga kebersihan, petugas pemulasaran Rumah Sakit (RS), tenaga administrasi RS, pekerja dasar RS, dan non pekerja tetap lain yang masuk dalam kategori tidak mampu.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian BRI kepada para pelajar yang merupakan anak-anak dari tenaga pendukung kesehatan/medis yang selama masa pandemi ini telah bekerja keras dengan penuh tanggung jawab melaksanakan tugasnya. “Dalam pelaksanaanya, BRI bekerja sama dengan rumah sakit di berbagai wilayah di Indonesia. Setiap penerima bantuan mendapatkan apresiasi dana Pendidikan sebesar Rp 5 juta untuk 1.800 anak”, ucap dia.

Ia berkata, banyak generasi muda yang memiliki kemampuan tinggi secara akademis, tetapi tidak mampu melanjutkan pendidikan karena keterbatasan ekonomi. Karena itu BRI hadir memberikan bantuan yang diharapkan dapat mendukung kemajuan generasi muda sekaligus mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Program beasiswa untuk pelajar juga dimiliki PT Paragon Technology and Innovation. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang disasar Paragon sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan untuk masa pengembangan sumber daya manusia Indonesia.

Head of Corporate Communication and CSR PT Paragon Technology and Innovation, Suci Hendrina menjelaskan, ada berbagai program yang dikembangan Paragon, salah satunya program beasiswa yang di antaranya paragon scholarship. Program ini meliputi pemberdayaan (untuk mahasiswa kurang mampu), prestasi (untuk mahasiswa berprestasi), dan inovasi (untuk mendukung penelitian tugas akhir mahasiswa), serta beasiswa SMK di seluruh cabang Paragon.

Paragon juga memiliki program beasiswa scholarship, yang merupakan program beasiswa prestasi serta pemberdayaan yang ditujukan untuk mahasiswa di perguruan tinggi negeri se-Indonesia. "Scholarship yang bekerja sama pihak lain, seperti dengan lembaga pengelola beasiswa, pemerintah daerah dan dengan universitas," kata Suci dalam pelatihan peserta Program Fellowship Jurnalisme Pendidikan angkatan kedua yang digelar secara virtual beberapa waktu lalu.

CEO Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat menambahkan, program-program dari perusahaannya, termasuk program beasiswa dipersembahkan untuk semua kalangan dalam rangka menebar kebaikan untuk negeri. “Program-program ini bertujuan untuk memajukan sektor pendidikan melalui inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” kata Salman Subakat.

Salman berkata, membangun dunia pendidikan bukan hanya tanggung jawab negara, tetapi juga semua pihak. "Termasuk wartawan di dalamnya," kata Salman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement