Senin 02 Aug 2021 16:48 WIB

Bea Cukai Bali Nusra-Jatim Rilis Hasil Penerimaan Semester 1

Bea Cukai melampaui target realisasi anggaran dan mencatat kinerja positif

Kepala Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, I Made Wijaya memaparkan penerimaan Bea Cukai untuk wilayah provinsi Bali dan NTT sampai dengan Semester I 2021 ini sudah mencapai Rp 309,02 miliar atau sebesar 109 persen melampaui dari target penerimaan senilai Rp 282,38 miliar.
Foto:

Selain itu, peningkatan kinerja penerimaan tersebut juga tidak lepas dari kontribusi ekspor komoditi CPO dan turunannya. “Penerimaan bea keluar juga tumbuh signifikan karena adanya peningkatan harga komoditi CPO  dan turunannya,” tambahnya.

Selain kinerja di bidang penerimaan, kata Purwantoro, kinerja penindakan di semester I tahun 2021 juga memuaskan. Kanwil Bea Cukai Jatim I telah melaksanakan 25 kali penindakan dengan jumlah rokok ilegal yang diamankan sebanyak 15,6 juta batang. “Penindakan terhadap rokok ilegal juga semakin gencar dilaksanakan, karena rokok ilegal merugikan penerimaan negara,” ungkapnya.

Kemudian, untuk mendorong ekspor nasional dalam rangka program PEN, sepanjang semester I tahun 2021 Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I telah menerbitkan dua fasilitas kepabeanan yaitu fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) dan fasilitas kawasan berikat, serta bersama-sama dengan Kantor Pelayanan Bea Cukai memberikan dukungan dan pendampingan terhadap UMKM/IKM sehingga hingga saat ini sudah ada 24 UMKM/IKM yang berhasil ekspor secara mandiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement