UEFA Selidiki Tindakan Diskriminatif di Puskas Arena

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Black Lives Matter Gerakan Melawan Rasisme
Black Lives Matter Gerakan Melawan Rasisme Foto: Republika
Mereka harus mengumpulkan hal-hal yang dianggap dapat dilaporkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- UEFA sedang menyelidiki potensi insiden diskriminatif pada pertandingan Hungaria melawan Portugal dan Prancis. Ada kritik yang signifikan terhadap sejumlah spanduk yang dipajang di Puskas Arena selama dua pertandingan Euro 2020 Hungaria.

Selama pertandingan pembukaan mereka melawan Portugal, foto-foto muncul di media sosial yang menunjukkan para penggemar Hungaria mengangkat spanduk yang menyuarakan penentangan mereka terhadap orang-orang LGBTQ+ di dalam Puskas Arena.

Demonstrasi lebih lanjut oleh para penggemar menjelang pertandingan melawan Prancis adalah dengan memprotes duduk berlutut yang dilakukan sebelum kick-off.

Jaringan anti-diskriminasi FARE (Sepak Bola Melawan Rasisme di Eropa), yang mengirim pengamat ke pertandingan UEFA untuk melaporkan insiden pelecehan atau lingkungan yang tidak diinginkan, tidak secara resmi mengajukan keluhan setelah pertandingan antara Hongaria dan Prancis.

Mereka harus mengumpulkan hal-hal yang dianggap dapat dilaporkan dan memenuhi standar hukum.

"Sesuai dengan Pasal 31(4) Peraturan Disiplin UEFA, Inspektur Etika dan Disiplin UEFA telah ditunjuk untuk melakukan penyelidikan disipliner terkait potensi insiden diskriminatif yang terjadi di Puskas Arena, Budapest, selama pertandingan penyisihan grup Kejuaraan Eropa 2020 antara tim nasional Hungaria dan Portugal pada 15 Juni 2021 dan antara tim nasional Hungaria dan Prancis bermain pada 19 Juni 2021," tulis pernyataan UEFA dikutip dari The Atletico, Ahad (20/6).

Terkait


Lorenzo Insigne (kiri) dan Gareth Bale akan beradu ketajaman saat Italia menghadapi Wales dalam laga terakhir Grup A Euro 2020.

Live; Susunan Pemain Wales Vs Italia 

Lorenzo Insigne (kiri) dan Gareth Bale akan beradu ketajaman saat Italia menghadapi Wales dalam laga terakhir Grup A Euro 2020.

Bale Tegaskan Wales Ingin Kuasai Grup A

Cristiano Ronaldo dari Portugal bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Data dan Fakta Dari Terkaparnya Portugal di Depan Jerman

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.

Mancini Rombak Susunan Pemain Utama Jumpa Wales

Para pemain timnas Italia.

Data dan Fakta Seputar Duel Italia Vs Wales

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image