Rabu 02 Jun 2021 21:27 WIB

Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Jadi Duta Inspirasi

Menjadi Duta Inspirasi mampu menebar manfaat kepada banyak orang.

Rangga Pebrianto, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) menjadi Duta Inspirasi perwakilan dari Provinsi Jawa Barat.
Foto: Dok UNM
Rangga Pebrianto, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) menjadi Duta Inspirasi perwakilan dari Provinsi Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Duta Inspirasi merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas Indonesia Event. Indonesia Event merupakan komunitas yang berfokus pada pengembangan pemuda di Indonesia guna memanfaatkan bonus demografi, mewujudkan Indonesia emas 2045. Tujuan dari pemilihan Duta Inspirasi ini untuk memaksimalkan potensi generasi muda di setiap daerah.

Mahasiswa semester empat Fakultas Teknologi Informasi, program studi (Prodi)  Ilmu Komputer (S2) Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil lolos menjadi Duta Inspirasi perwakilan dari Provinsi Jawa Barat. Ia adalah Rangga Pebrianto, mahasiswa penerima beasiswa prestasi jenjang Diploma (D3), Sarjana (S1) dan Magister (S2). Selain menjadi Duta Inspirasi, Ia juga pernah menjadi Duta Wisata Kabupaten Tasikmalaya, dan  menjadi delegasi kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya keprotokolan dan kehumasan di Istana Bogor.

Lewat Duta Inspirasi ini, Rangga ingin memberikan semangat kepada orang lain yang sedang dalam masalah. Ia menyebut tidak boleh menyerah dalam menggapai cita-cita dengan membagikan pengalaman sendiri sebagai pelajaran bagi orang lain. Bersama Indonesia Event, Rangga akan bersinergi menjadi bagian dalam mewujudkan perubahan.

“Memulai dari hal sederhana yang Insya Allah dapat membawa perubahan besar ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang. Karena sejatinya berbuat kebaikan tidak selalu tentang pemberian besar. Memulai dengan hal kecil, Insya Allah karma baik akan selalu mengiringi langkah kita, sekarang dan nanti,” tuturnya kepada media, Rabu (2/6).

Ia juga menyebutkan bahwa bukan suatu kebaikan besar yang akan diberikan, melainkan hanya hal kecil yang berdasar dari pengalaman hidup saja, dari kerja keras hingga proses pencapaian yang luar biasa.

“Pengalaman hidup yang akan saya bagikan, mulai dari proses hingga pencapaian diri yang luar biasa bagi saya. Semua itu saya lakukan melalui tindakan-tindakan dan rasa kepedulian terhadap sesama,” ujarnya.

Sementara itu, Arif Hidayat selaku wakil rektor bidang non akademik Universitas Nusa Mandiri mengatakan bahwa Duta Inspirasi merupakan ajang pemilihan pemuda/i perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia yang siap menginspirasi dan berkontribusi untuk negeri guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Duta Inspirasi yang terpilih akan menjabat selama tiga bulan serta mendapatkan berbagai keuntungan.  Salah satunya akan mendapatkan beasiswa penuh untuk ikut andil dalam kegiatan tingkat nasional maupun internasional yang akan diselenggarakan oleh Indonesia Event,” ungkapnya.

Menurutnya, menjadi Duta Inspirasi menjadi sebuah pengalaman yang berharga karena mampu menebar manfaat kepada banyak orang melalui cerita-cerita inspirasinya. Dan tentunya ini menjadi sebuah kebanggaan bagi kampus UNM, memiliki mahasiswa yang mampu menginspirasi banyak orang hingga berperan dalam pencapaian Indonesia Emas 2045.

“Semoga ini mampu menjadi motivasi buat teman-teman lainnya di kampus UNM, untuk terus semangat mengejar mimpi dan cita-cita. Dan juga mampu mengharumkan nama kampus UNM di masyarakat luas tidak hanya tingkat nasional namun juga internasional,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement