Senin 17 May 2021 09:25 WIB

Jurusan Sains Data Cocok untuk Generasi Milenial

Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan Jurusan Sains Data.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan Jurusan Sains Data.
Foto: Dok UNM
Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan Jurusan Sains Data.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengolah dan menginterpretasi data menurut formula statistika serta menggunakan bahasa pemrograman dan tools yang tepat dalam mengolahnya, itulah ilmu bidang sains data. Ilmu bidang sains data akan mempelajari tentang data yang terstruktur dan tidak terstruktur. Jurusan Sains Data biasa tersedia sebagai peminatan pada program studi Teknologi Informasi (TI).

Bagi milenial yang kuliah di Jurusan Sains Data akan belajar tentang bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk penggalian atau penambangan data yang dikenal dengan istilah data mining. Dalam mengelola dan menginterpretasi data diperlukan ilmu statistika dan matematika.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadir dengan berbagai keunggulan program studi yang mengedepankan teknologi demi menjawab tantangan masa depan. Salah satunya, Jurusan Sains Data yang hadir untuk melengkapi ilmu pengetahuan para milenial di bidang teknologi. Universitas Nusa Mandiri telah terakreditasi dengan peringkat akreditasi B, siap menghasilkan generasi milenial yang punya ilmu pengetahuan tepat guna untuk masa depan.

Rektor Universitas Nusa Mandiri Dr Dwiza Riana mengatakan,  perkembangan sains data di Indonesia semakin dibutuhkan dan meningkat dengan prospek karir yang tentunya sangat baik. Sehingga,  banyak milenial yang berminat untuk mempelajari ilmu tentang sains data.

“Sains data memiliki peran yang sangat penting dengan kemampuannya mengubah dunia masa depan. Hal ini membuat lulusan sarjana sains data semakin dicari dan diincar banyak perusahaan dalam dan luar negeri,” ungkapnya kepada media, Sabtu (15/5).

Ia menyebutkan, sains data adalah jurusan yang tepat untuk generasi milenial. Karena sains data bersifat multidisipliner, artinya tidak hanya fokus pada satu bidang saja. Generasi milenial, selain belajar statistik juga belajar bahasa pemrograman untuk data mining. Selain itu,  ilmu matematika dan kemampuan komunikasi yang baik dalam menjelaskan hasil pengolahan data yang telah dilakukan menjadi keunggulan mahasiswa Jurusan Sains Data.

“Lulusan sains data memiliki prospek karir antara lain profesi arsitek big data, ilmuwan data atau biasa disebut data scientist dan analis data. Profesi ini akan menjadi profesi masa depan yang cerah. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung dengan Universitas Nusa Mandiri (UNM). Daftarkan diri untuk kuliah di UNM pada September 2021,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement