Selasa 30 Mar 2021 20:29 WIB

'Memburu Rig Siluman', Novel Mossad Vs Intelijen Mesir

Rig adalah salah satu operasi tersukses Badan Intelijen Mesir

Rig adalah salah satu operasi tersukses Badan Intelijen Mesir. Bendera Israel terkoyak dengan latar Bendera Mesir

Operasi rig adalah salah satu operasi sukses Badan Intelijen Umum Mesir yang berhasil meledakkan rig minyak "Kenting", yang dibeli Israel untuk mengebor minyak di Suez, dioperasikan perusahaan Italia ENI. Peristiwa itu terjadi ketika alat berat itu singgah di Abidjan Ibu Kota Pantai Gading, sewaktu perjalanannya dari Kanada ke Israel.

Operasi ini bertujuan mencegah pemerintah Israel melaksanakan rencananya  menjarah kekayaan minyak dan memaksakan kedaulatan yang lebih besar atas Sinai yang didudukinya. 

Rig tersebut diledakkan pada 8 Maret 1970, setelah persiapan operasi yang berlangsung setahun. Operasi tersebut dibawah komando mantan Direktur Intelijen Umum Mesir, Amin Howeidi, dibantu perwira intelijen terkenal Mohamed Nissim, dan tim operasi dibantu oleh duta besar Mesir di Abidjan. 

Selama 17 tahun kisah operasi tersebut tak pernah diungkapkan. Baru pada 1987 kisah itu direlease pemerintah Mesir, lalu ditulis dalam bentuk novel oleh Saleh Moursi yang kemudian pada 1996 diangkat menjadi serial televisi di Mesir dengan judul al-Hifār (Rig), dibintangi Husein Fahmi, Yusuf Sya’ban, Halah Shidqi dan sederet aktor beken Mesir lainnya.

photo
Memburu Rig Siluman - (Dok Istimewa)

Penerjemah buku ini adalah Ahmad Rofi Usmani. Ia telah memiliki  sekitar 66 karya baik suntingan maupun terjemahan temasuk terjemah kitab Ihya Ulum al-Din (16 jilid). Selama sekitar enam tahun di Mesir, mantan Ketua Lembaga Penelitian Ilmiah Persatuan Pelajar Indonesia di Mesir (1981-1983) ini juga pernah masuk program pascasarjana di bidang sejarah dan kebudayaan Islam di Fakultas Dar Al-‘Ulum, Universitas Kairo, Kairo, Mesir. Karena kecintaannya kepada bidang Sejarah Islam, ia sempat menjadi asisten Prof Dr Ahmad Syalabi (Guru Besar Sejarah Universitas Cairo)

Buku setebal 342 halaman ini diterbitkan Maghza Pustaka dengan editor M Iqbal Dawami, terbit awal Maret 2021. Buku ini sangat bagus dibaca para penggemar novel spionase dan para pemerhati kajian Timur Tengah. Selamat membaca. 

 

 

*Guru Besar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement