Ahad 14 Mar 2021 22:57 WIB

Fakultas Psikologi Mercubuana Berbagi Cara Menulis Kreatif

Pelatihan menulis kreatif Mercubuana dilaksanakan secara virtual

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Pelatihan menulis kreatif Mercubuana dilaksanakan secara virtual. Menulis (ilustrasi).
Foto: nationalturk.com
Pelatihan menulis kreatif Mercubuana dilaksanakan secara virtual. Menulis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana bekerja sama dengan Hibermas Consulting memberikan “Pelatihan dan Pendampingan Menulis Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Secara Kreatif pada Jumat (12/3). Dalam pelatihan yang digelar secara virtual ini, para peserta yang terdiri dari remaja dan dewasa diajarkan cara menulis secara kreatif.

Pembicara sekaligus Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana, Setiawati Intan Savitri, menjelaskan menulis itu membutuhkan jam terbang tinggi, sehingga harus sering melakukan aktivitas menulis. Menurut dia, banyak media yang bisa digunakan agar terbiasa menulis secara kreatif, seperti menulis di blog, membuat status di media sosial, hingga menulis di media massa.

Baca Juga

"Apapun yang kita lakukan, menulis di status media sosial, di majalah dinding, di buku hingga media massa adalah untuk menceritakan sesuatu. Hal ini seperti diungkapkan McAdam bahwa manusia sebenarnya adalah pencerita,” kata Intan dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (13/3).

Anggota Satgas Literasi Kemendikbud ini mengatakan, dalam menulis kreatif berbeda dengan cara menulis seperti biasanya, karena diperlukan teknik menggugah imajinasi.

“Mengapa perlu menggugah imajinasi? Karena sebenarnya imajinasi itu penting, ketika seseorang bisa berimajinasi berarti bisa merencanakan ke depan. Misalnya kita ingin bertamasya ke suatu tempat. Nah ketika kita ingin bertamasya ke suatu tempat berarti kita telah berimajinasi,” ucapnya.

Menurut Intan, cara berimajinasinya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement