Senin 04 Jan 2021 20:05 WIB

Ini 3 Respons Ketua MPR Terkait Isu yang Berkembang

Terkait isu hari ini, Bamsoet meminta BPOM keluarkan izin pemakaian vaksin

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi keputusan Pemerintah yang membebaskan semua elemen rakyat dari beban biaya vaksinasi corona.
Foto:

2. Di awal tahun 2021 kondisi cuaca sebagaimana disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadi hujan lebat yang terus mengguyur menyebabkan banjir di sejumlah daerah, seperti di Aceh, Sumatra Utara, dan Jawa Tengah, respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor guna mempersiapkan upaya maupun langkah antisipasi dalam menghadapi bencana susulan lainnya.

B. Mendorong BNPB, BPBD, dan Badan Meteorologi, BMKG terus mengupdate informasi cuaca dan memperingatkan serta menyosialisasikan kepada masyarakat agar dapat melakukan langkah mitigasi dalam meningkatkan kemampuan menghadapi ancaman bencana, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang berpotensi terdampak dari besarnya frekuensi curah hujan.

C. Meminta BNPB, BPBD dan pemerintah daerah khususnya di sejumlah daerah yang terdampak bencana hidrometeorologi untuk dapat mempersiapkan tempat-tempat pengungsian yang sesuai dengan protokol kesehatan, dan dapur umum  serta tetap memastikan para pengungsi menerapkan 3M selama berada di tempat pengungsian. Sebagai upaya dalam menghindari timbulnya kluster penyebaran Covid-19 yang berasal dari lokasi pengungsian.

D. Mendorong pemerintah melakukan langkah mitigasi bencana melalui sarana edukasi dan pendidikan kepada masyarakat mengenai kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan sekitar, terutama di lingkungan tempat tinggal sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana seperti banjir ataupun tanah longsor, dan juga diharapkan semua pihak untuk tidak menebang pohon sembarangan serta tidak membuat bangunan di bantaran kali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement