Senin 04 Jan 2021 02:37 WIB

Volkswagen Kembangkan Robot Pengisi Daya Mobil Listrik

Mobile charging robot pun dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo Volkswagen (VW)
Foto: AP Photo
Logo Volkswagen (VW)

REPUBLIKA.CO.ID, ZWICKAU -- Volkswagen (VW) adalah salah brand yang concern pada perkembangan mobil listrik. Pabrikan Jerman itu pun saat ini tengah mengembangkan infrastruktur penunjang (electric vehicle).

Dilansir dari Techspot pada Jumat (1/1), infrastruktur yang tengah dikembangkan itu adalah sebuah sarana berupa charging robot. Dengan adanya sarana ini, maka nantinya pengguna EV akan lebih dimudahkan dalam pengisian ulang baterai.

Baca Juga

Charging robot yang saat ini disebut dengan mobile charging robot itu  merupakan sebuah robot yang mampu bergerak dan melakukan pengisian ulang baterai EV secara otonom.

Agar dapat melakukan pengisian ulang, mobile charging robot pun dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar sehingga mampu melakukan pengisian baterai EV hingga penuh.

Mobile charging robot didesain untuk dapat beroperasi dalam lahan parkir tertentu. Untuk dapat menikmati fitur ini, pengendara harus terhubung lewat aplikasi tertentu yang akan menjadi basis pelayanan mobile charging robot.

Dengan teknologi otonom yang menyeluruh, maka robot ini akan memindai mobil mana saja dalam area parkir itu yang membutuhkan pengisian ulang. Kemudian, robot tersebut akan menghampiri mobil tersebut, membuka charging socket flap dan menghubungkan charging plug.

Setelah baterai terisi penuh, robot cerdas ini akan menyelesaikan prosedur pengisian ulang dan mencari mobil lain yang juga membutuhkan asupan daya. Selain melakukan pengembangan soal infrastruktur, VW juga berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan pasar untuk segmen EV.

Dilansir dari Electrive pada November lalu, selain menghadirkan EV dalam wujud mobil compact dan SUV, VW juga merancang rencana untuk menghadirkan EV dalam wujud station wagon.

Dengan begitu, pengguna EV nantinya akan memiliki opsi produk ramah lingkungan yang menyajikan akomodasi melimpah. Sebagai station wagon, produk itu pun nantinya akan hadir dengan daya jelajah yang melimpah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement