Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

TPS di Lampung Bagikan Jamu untuk Tarik Minat Pemilih

Rabu 09 Dec 2020 14:48 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan konsep unik hadir di Kota Bandar Lampung dengan membagikan jamu. Ilustrasi.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan konsep unik hadir di Kota Bandar Lampung dengan membagikan jamu. Ilustrasi.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ide membagikan jamu berawal dari inisiatif warga yang berprofesi sebagai penjual jamu

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan konsep unik hadir di Kota Bandar Lampung dengan membagikan jamu. Pembagian jamu bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat agar datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih meski di tengah pandemi Covid-19.

“Kita sengaja menyediakan jamu bagi warga yang memilih di TPS 005 Kelurahan Bumi Waras. Selain untuk menarik minat warga untuk memilih juga membantu meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Ketua Panitia KPPS TPS 005 Bumi Waras, Sawitri, di Bandar Lampung, Rabu.

Baca Juga

Ide pembagian jamu usai melakukan pemilihan di TPS merupakan inisiatif sejumlah warga yang berprofesi sebagai tukang jamu keliling. “Ide didapat dari warga dan panitia yang kebetulan berprofesi sebagai tukang jamu keliling. Jadi setelah warga mencoblos kita bagikan jamu untuk diminum di rumah,” katanya.

Menurut Sawitri, TPS menyediakan 420 gelas jamu yang siap dibagikan bagi masyarakat sekitar. “Ada sekitar 420 gelas jamu sesuai dengan jumlah pemilih di sini. Jadi jamu siap kita tuang ke gelas warga. Ini buatan enam orang warga kita, diharapkan dapat menjaga imunitas tubuh,” ucapnya.

Hal serupa dikatakan oleh Maryati ,salah seorang warga yang berprofesi sebagai tukang jamu. “Kami merebus empon-empon seperti jahe, kunyit, dan beragam bahan sejak kemarin. Lalu kami siapkan untuk warga dimasukkan dalam botol tadi pagi sehingga semua masih hangat dan tetap higienis untuk dikonsumsi. Proses pembuatan dan pembagian tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Maryati.

Ratusan gelas jamu yang disiapkan bagi warga di TPS 005 Bumi Waras disediakan dari hasil gotong royong warga. “Untuk biaya kita tanggung bersama saling sumbangan. Kami sudah terbiasa membagikan jamu bagi warga di Bandar Lampung setiap Jumat selama masa pandemi Covid-19 berlangsung,” imbuhnya.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler