Sabtu 05 Dec 2020 04:46 WIB

Tips Memilih Produk Reksa Dana Bagi Pemula

Dana investor reksa dana akan dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Investasi reksadana
Foto:

Menurutnya draw down bisa dimaknai sebagai tingkat kerugian maksimal yang ada di produk reksa dana, atau bisa juga didefinisikan sebagai tingkat penurunan kinerja dari titik puncaknya ke titik terendah. Apabila sebuah reksa dana memiliki nilai draw down sebesar 30 persen setahun, berarti kinerja reksa dana tersebut pernah mengalami penurunan sebesar 30 persen. 

“Sama seperti sharpe ratio, nilai draw down juga bisa dipengaruhi oleh time frame,” ucapnya.

Aulia menyebut draw down yang tinggi umumnya ditemukan reksa dana campuran maupun saham. Untuk sebagian besar reksa dana pasar uang, nilai draw down ada di angka nol koma sekian. Bahkan tidak sedikit pula yang nilainya 0,00 persen. 

Kemudian Aulia mewaspadai Expense ratio bisa juga disebut sebagai perbandingan beban operasional reksa dana dengan rata-rata NAB dalam setahun. Pengelolaan sebuah reksa dana tentu akan memunculkan biaya. 

“Biaya-biaya tersebut sebut saja, biaya kustodian, trading, marketing, dan lainnya. Semakin kecil expense ratio mencerminkan kehandalan Manajer Investasi dalam mengelola produknya,” ucapnya.

Aulia juga meminta masyarakat bisa memiliki reksa dana sesuai dengan jangka waktu investasi, semakin pendek jangka waktu investasi, maka pilihan reksa dana yang disarankan adalah reksa dana yang volatilitas nilai aktiva bersih (NAB)-nya rendah. Namun untuk jangka panjang, maka pilihan reksa dananya akan semakin fleksibel, boleh yang rendah volatilitasnya atau yang tinggi karena mengharap imbal hasil yang besar.

Kemudian jangka waktu pendek satu tahun sampai tiga tahun, sangat disarankan untuk memilih reksa dana yang rendah fluktuasi seperti reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap. Selanjutnya jangka menengah tiga tahun sampai lima tahun), disarankan untuk memilih reksa dana pasar uang, pendapatan tetap dan campuran. Sedangkan kebutuhan dana pendidikan di atas lima tahun, maka reksa dana saham boleh dicoba.

“Pada intinya produk investasi ini memang cocok bagi investor pemula, yang belum pernah berinvestasi. Namun sebelum memilih produknya, kenalilah lebih dalam seputar produk investasi ini,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement