Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Bobby Siap Bimbing Anak Muda Kota Medan Jadi Pengusaha

Senin 19 Oct 2020 05:24 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution (tengah) mendengarkan keluhan warga

Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution (tengah) mendengarkan keluhan warga

Foto: Istimewa
Bpbby menilai UMKM menjadi kunci keberhasilan dalam pemulihan ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Komunitas Medan Berkah kembali menggelar Rembuk Online Anak Muda Medan (RAMDAN) dengan tema "Anak Muda Medan, Ayo Gerak", Kamis (15/10). Hadir dalam diskusi virtual tersebut Calon Walikota Medan nomor urut 2 Bobby Nasution, Puteri Indonesia Lingkungan Sumatera Utara 2016 Sarah Pia, dan entrepreneur muda Kota Medan Deny Bahroeny.

Dalam diskusi tersebut Bobby Nasution mengatakan peran anak muda saat ini sangat vital di segala lini pembangunan karena memahami dunia digital. Menurutnya, peran anak muda dalam pemulihan ekonomi nasional.

"Anak muda ini sangat paham dunia digital. Saat ini dan era setelah pandemi banyak kegiatan dilakukan secara daring. Di sinilah anak muda harus mengambil peran tersebut dengan keahliannya di dunia digital, salah satunya adalah dengan menjadi pengusaha tentu bisa dimulai dari level UMKM," kata Bobby, dalam rilisnya, Ahad (18/12).

Bobby menilai UMKM merupakan kunci keberhasilan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Menurutnya, krisis yang menimpa perekenomian Indonesia di awal tahun 2020 ini berbeda dengan tahun 1998. Di tahun 1998, lanjutnya, UMKM tidak terkena imbas sedangkan di tahun 2020 UMKM malah terkena cukup dalam akibat pandemi Covid-19.

"UMKM menjadi kunci keberhasilan dalam pemulihan ekonomi kita. Dengan adanya pola normal baru dimana hampir semua transaksi dilakukan secara digital, saya berharap anak muda mau bergerak dan mengambil langkah untuk menjadi pengusaha karena di momen ini lah anak muda bisa menuangkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk produksi, bisa dalam bentuk barang maupun jasa," ujar dia.

Lulusan Master Agribisnis Institute Pertanian Bogor (IPB) ini mengaku siap membantu anak-anak muda yang ingin menjadi pengusaha dalam bentuk pelatihan, pendampingan, dan juga akses permodalan.

"Yang tidak kalah penting bagi anak muda yang mau membuka usaha adalah perijinan. Oleh karena itu, saya dan Bang Aulia sepakat jika nanti diberi amanah warga Kota Medan untuk menjadi wali kota, maka perijinan usaha harus dipermudah," imbuhnya.

 
 

BERITA LAINNYA