Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

6 Aktivitas Ini Bisa Perbaiki Kesehatan

Jumat 09 Oct 2020 00:35 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Mencari saran kesehatan untuk menjaga kebugaran tubuh tidak akan ada habisnya (Foto: ilustrasi hidup sehat)

Mencari saran kesehatan untuk menjaga kebugaran tubuh tidak akan ada habisnya (Foto: ilustrasi hidup sehat)

Foto: www.freepik.com
Ke enam aktivitas ini bila dilakukan setiap hari bisa memperbaiki kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari saran kesehatan untuk menjaga kebugaran tubuh tidak akan ada habisnya. Ada banyak tips seperti minum suplemen, menghindari karbohidrat dan gula berlebihan, yang bisa saja tumpang tindih sehingga malah membikin bingung.

Daripada memusingkan itu, lebih baik memulai dari hal kecil yang mendasar dan tidak rumit. Lakukan enam langkah sederhana ini setiap hari untuk memperbaiki kesehatan dan kebugaran tubuh, seperti dikutip dari laman Eating Well, Kamis (8/10).

Minum cukup air
Tetap terhidrasi akan membuat otak fokus, jantung lebih sehat, sendi terlumasi, kulit bercahaya, dan masih banyak lagi. Jumlah asupan air untuk tubuh pun sebaiknya cukup saja, mengingat tidak ada aturan mutlak tentang berapa banyak air yang harus diminum. 

Rekomendasi dari National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, perempuan sebaiknya minum sekitar 2,5 liter air dan pria minum sekitar 3,5 liter air setiap hari. Pedoman itu bisa berbeda pada tiap orang, tergantung cuaca, jumlah aktivitas, dan pola makan.

Makan sayur
Memperbanyak makan sayur adalah salah satu nasihat nutrisi yang paling disepakati oleh para ahli. Sayuran kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Belum lagi senyawa pelawan kanker, peningkatan fungsi otak, dan nutrisi yang menyehatkan jantung.

Baca Juga

photo
Konsumsi sayuran (ilustrasi). - (www.freepik.com)
Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan orang dewasa mengonsumsi antara 2,5 hingga tiga cangkir porsi sayuran setiap hari. Sayuran itu bisa dimakan langsung, diolah dengan cara ditumis atau dikukus, bahkan dipanggang untuk menonjolkan rasanya.

Asupan serat
Masih banyak orang yang kekurangan asupan serat dalam tubuh, padahal nutrisi ini sangat penting. Serat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes, menjaga kesehatan usus, dan membantu buang air besar. 

Rekomendasi jumlah asupan serat harian adalah 25 gram untuk perempuan dam 38 gram untuk pria. Dapatkan serat dengan menyantap biji-bijian seperti gandum dan pasta gandum, juga buah-buahan, sayuran, serta camilan berupa kacang-kacangan.

Gerakkan tubuh
Tidak perlu olahraga berjam-jam untuk membuat tubuh bugar. Jika tidak bisa meluangkan waktu untuk aktivitas fisik, cukup berjalan kaki selama lima sampai 10 menit, Cara lain, lakukan squat saat menonton televisi, atau berjalan naik turun tangga beberapa kali.

Aktif bergerak dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, juga menurunkan tingkat stres, memperbaiki suasana hati, juga menjaga kekuatan tubuh. Tidak masalah menetapkan satu hari khusus dalam sepekan untuk istirahat, tapi selebihnya aktiflah bergerak.

Jauhkan layar sebelum tidur
Pastikan memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas setiap hari, setidaknya antara tujuh sampai sembilan jam. Caranya, pergi tidur dengan jadwal yang konsisten tiap hari dan jauhkan diri dari layar (gawai maupun televisi) saat sudah menjelang waktunya tidur.

Menurut penelitian, tidur memiliki peran penting untuk menjaga otak dan jantung tetap sehat. Manfaatnya untuk kesehatan mental juga sangat besar. Orang yang kurang tidur cenderung mudah marah. Kurang tidur juga kerap dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental.

Merawat diri
Merawat dan menumbuhkan kepedulian terhadap diri sendiri secara rutin sangat penting. Ini bukan hanya kegiatan me time seperti manikur pedikur atau pijat di spa. Merawat diri artinya melakukan apapun yang membuat diri sendiri nyaman, damai, dan bahagia.

Aksinya bisa sesederhana duduk bersantai sambil minum kopi, menulis catatan harian, atau memasak makanan sehat bagi yang hobinya di dapur. Self care memiliki bentuk berbeda-beda untuk tiap orang, tapi sama-sama penting untuk melakukan hal yang Anda nikmati.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA