Rabu 23 Sep 2020 15:17 WIB

SMA Bosowa Bina Insani Gelar Pemilu OSIS 2020 Daring

Ini pertama kalinya pemilihan ketua OSIS SMA Bina Insani dilaksanakan secara daring.

Suasana pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK SMA Bosowa Bina Insani priode 2020-2021 yang dilaksanakan secara daring.
Foto: Dok SBBI
Suasana pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK SMA Bosowa Bina Insani priode 2020-2021 yang dilaksanakan secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Senin (21/9),  merupakan hari bersejarah bagi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Bosowa Bina Insani Bogor. Bersejarah karena hari itu merupakan  hari pertama kalinya pemilihan ketua OSIS dan ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom.

Panitia pemilihan bekerja secara marathon seusai gelaran Musyawarah Besar (Mubes)  OSIS dan MPK di akhir periode kepengurusan 2019/2020. 

Siaran pers SMA Bosowa Bina Insani yang diterima Republika.co.id menyebutkan, gelaran Mubes  selain menghasilkan diterimanya laporan pertanggungjawaban ketua OSIS juga menetapkan calon ketua OSIS dan calon ketua MPK yang diusulkan para peserta Mubes Calon ketua OSI adalah: Akbar Aulia A. K (XI IPA 1), Adelianisa Prasasti L. (XI IPA 2),   Farrel Haikal A. (XI IPA 2),  dan Farrel Zulfikar A. (XI IPA 1). Adapun calon ketua MPK adalah: Zahra Permata N. (XI IPA 2),  M. Iqbal (XI IPS),  M. Satrio Adji (XI IPA 2),  dan Fathimah Nur Shafaa (XI IPA 2). 

Selanjutnya, panitia pemilihan menetapkan juknis dan jadwal kampanye para calon, menetapkan hari tenang, dan menentukan hari pelaksanaan pemilihan.

Setiap individu kandidat diminta melakukan kampanye melalui video yang diunggah ke channel Youtube, juga kampanye di forum kelas daring, dan diakhiri dengan uji wawasan 

Puncaknya, sesaat menjelang voting, para kandidat kembali diminta menyampaikan visi dan misi masing-masing, dilanjutkan dengan uji wawasan dan kepemimpinan oleh para siswa dan dewan guru sebagai panelis untuk memantapkan para pemilih menentukan pilihan.

Salah satu pertanyaan yang diajukan pada kesempatan ini adalah, “Menurut kalian, apa poin terpenting dari kepemimpinan?” “Poin terpenting dari kepemimpinan adalah optimis, sabar, tenang,” kata Farrel Zulficar Ardiansyah. 

Akbar Aulia AK menjawab dengan mengutip jargon kepemimpinan Bapak Pendidikan Nasional,  Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani.  “Di depan kita menjadi teladan, di tengah kita bersama-sama membangun organisasi, di belakang kita harus sportif agar bisa mendorong anggota-anggotanya bergerak menunjukkan kinerja yang baik untuk bersama-sama meraih tujuan organisasi.”

Adelianisa Prasasti Lesmana mengemukakan, “Poin terpenting dari kepemimpinan itu adalah amanah, bersikap profesional, bertanggung jawab dan mampu mendengarkan pendapat orang lain.”

Farrel Haikal Akbar menjawab, “Hal terpenting dari kepemimpinan adalah optimis, mau mendengarkan pendapat orang lain dan bertanggung jawab.”

Acara uji wawasan ini dipandu oleh moderator Maheni Yunita Sari (guru Biologi di SMA Bosowa Bina Insani). Dan, selanjutnya adalah voting online melalui Google form untuk memilih satu ketua OSIS dan satu ketua MPK. Tak berselang lama dari dikirimkannya link Google form di chat Zoom, panel kontrol di meja panitia menunjukkan angka bergerak cepat tanda para voter telah menentukan pilihannya.

“Hasil quick count, Akbar Aulia Ahsanu Kamil meraih suara tertinggi (43,8%) dan terpilih sebagai ketua OSIS SMA Bosowa Bina Insani 2020-2021 Sementara itu, Muhammad Iqbal juga meraih suara tertinggi (48,9%) dan terpilih menjadi ketu MPK SMA Bosowa Bina Insani 2020-2021,” kata Waka Kesiswaan SMA Bosowa Bina Insani, Eko Syafrudin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement