Selasa 17 Aug 2021 11:20 WIB

Tiga Cara Menyukuri Nikmat Kemerdekaan

SMA Bosowa Bina Insani menggelar virtual ceremony HUT ke-76 RI.

Kepala SMA Bosowa Bina Insani Dedi Supriyadi menjadi pembina upacara Virtual Ceremony Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/8).
Foto: Dok Bosowa School
Kepala SMA Bosowa Bina Insani Dedi Supriyadi menjadi pembina upacara Virtual Ceremony Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Seluruh civitas academica SMA Bosowa Bina Insani (SMA BBI) Bogor bersama-sama dengan seluruh civitas academica SMP dan SMA Bosowa Al-Azhar Cilegon didampingi oleh kepala sekolahnya masing-masing Muhidayat dan Subana Hazarpriyadi berada di dalam zoom yang sama melaksanakan Virtual Ceremony Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Acara ini dihadiri pula oleh Head of Islamic Studies Bosowa School Asep Sumarsana dan Ketua PABBI-SMABBI Wulan Woro Darmajanti dan jajarannya.

Virtual Ceremony ini dilaksanakan pada Selasa (17/8),  mulai  pukul 07:30 dan berakhir pada 08:20 dengan urutan acara pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Alquran, pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Proklamasi, teks Pancasila, dan teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, amanat Pembina Virtual Ceremony, menyanyikan lagu wajib nasional, menyanyikan lagu mars Bosowa, doa, pengumuman, dan penutup.

Para petugas Virtual Ceremony adalah siswa-siswi SMA BBI di bawah bimbingan M  Eko Syafrudien selaku Wakasek Kesiswaan sekaligus penanggung jawab acara. Mereka adalah Lintang Maulidya Maharani  dan Natasa Navalea Kendra sebagai Master of Ceremony (MC), Raya Pasa Anandra dan Fadya Najwa Azzahra masing-masing sebagai pembaca ayat-ayat suci Alquran dan pembaca sari tilawah, Muhammad Iqbal sebagai pembaca teks Pancasila, dan Adelinisa Prasasti Lesmana sebagai pembaca teks UUD 1945. Adapun teks Proklamasai dibacakan oleh Asep Sumarsana (Head os Islamic Studies),  dan doa dipimpin oleh ustadz Irsyad.

Eko menjelaskan, acara ini dinamakan Virtual Ceremony karena seluruh peserta berada di dalam jejaring internet.  “Susunan acara dibuat sedemikian rupa sehingga ruh dari acara ini diharapkan mendekati hidmatnya upacara yang sesungguhnya,” kata Eko seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Bertindak selaku pembina upacara Kepala SMA Bosowa Bina Insani Dedi Supriyadi. Ia menegaskan, ada tiga  cara mensyukuri  nikmat kemerdekaan. “Pertama, menanamkan keyakinan (akidah) dalam hati  kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan ini adalah sebuah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” ujarnya.

Kedua, senantiasa berdzikir melalui lisan  atas nikmat kemerdekaan yang diberikan. “Dalam hal ini kita pun tidak melupakan jasa para pahlawan bangsa yang turut berjuang dan berkorban bahkan mempertaruhkan jiwa dan raganya dalam merebut kemerdekaan ini, dengan cara mendo’akan mereka semoga mereka semua ditempatkan pada tempat yang layak di sisi Allah SWT, sebagai syuhada,” tuturnya.

Ketiga, sebagai wujud konkret atas rasa syukur ini, maka bangsa Indonesia  dapat meneruskan cita-cita para pendiri bangsa dengan cara meneruskan pembangunan bangsa ini dengan berbagai aktifitas positif sesuai dengan bidangnya. 

Dedi berpesan, “Anak-anaku sekalian sebagai pelajar,  belajarlah,  Nak dengan rajin disertai dengan semangat disiplin serta tuntutlah ilmu setinggi mungkin. Karena Anda akan hidup pada suatu masa, yang mungkin tidak lagi masa kami hidup. Dan Andalah yang akan menjadi pemimpin negeri ini di masa mendatang. Youth is the hope for tomorrow.”

Setelah pembacaan doa, Cucup Shohibul Maqomat selaku wakasek kurikulum menyampaikan pengumuman terkait torehan prestasi siswa baru pada acara Foundation Programme Siswa Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk kategori Matematika, Bahasa Inggris, dan Al-Quran. Juaranya masing-masing adalah Muhammad Irfan Tridhia, Zalva Nur Baiti Effendi, dan Raya Pasa Anandra.

Pada  hari yang sama, usai Virtual Ceremony ini, seluruh guru dan staf Bosowa School bergabung bersama unsur Bosowa lainnya pada Live Event Hari Kemerdekaan RI bersama Bosowa Corp. melalui platform Zoom Meeting, dan Live Streaming Channel Youtube Swabaja. Acara itu diisi dengan webinar “Peran Bosowa Membangun Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” oleh  Erwin Aksa dan Prof  Tjandra Yoga Aditama. Acara itu juga dimeriahkan dengan pemberian berbagai doorprize bagi 20 orang yang beruntung.

Acara Virtual Ceremony HUT ke-76 RI SMA Bosowa Bina insani akan dirangkai dengan berbagai mata lomba pada hari Kamis, 19 Agustus 2021. Mata lomba yang diperebutkan adalah Lomba Cipta dan Baca Puisi, Cerdas Cermat Sejarah, Cosplay Pahlawan, dan Band Angkatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement