Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Serunya Pramuka Model Blok di SMA Bosowa Bina Insani

Senin 26 Jul 2021 18:54 WIB

Red: Irwan Kelana

SMA Bina Insani Bogor menggelar acara kegiatan kepramukaan dengan model blok pada tanggal 23-24 Juli 2021 dengan sistem daring.

SMA Bina Insani Bogor menggelar acara kegiatan kepramukaan dengan model blok pada tanggal 23-24 Juli 2021 dengan sistem daring.

Foto: Dok Bosowa School
Kegiatan yang diadakan secara daring ini diikuti siswa keas X, XI dan XII.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kegiatan kepramukaan merupakan ekstrakulikuler  (ekskul) wajib untuk diikuti seluruh siswa sekolah. Hal ini sesuai dengan Permendikbud 63 tahun 2014.

SMA Bina Insani Bogor menggelar acara kegiatan kepramukaan dengan model blok pada tanggal 23-24 Juli 2021 dengan sistem daring atau online yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII. Para siswa didampingi  seluruh walikelas dan guru pendamping.

“Kegiatan pramuka blok yang difasilitasi oleh sekolah di setiap awal tahun ajaran memberi inspirasi sekaligus motivasi para peserta untuk mengembangkan diri dalam kegiatan pramuka di SMA Bina Insani,” kata Kepala SMA Bosowa Bina Insani Dedi Supriyadi Sag MPd dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Acara Pramuka sistem blok ini dimonitor dan evaluasi secara internal oleh Sudirman SP selaku kepala Departemen Pengembangan SPMI Bosowa School.   Sudirman yang juga sebagai ketua gugus covid-19 di Bosowa School Education sangat mendukung kegiatan pramuka dengan sistem online ini yang berjalan dengan baik. “Motivasi kepramukaan untuk siswa, agar siswa lebih antusias lagi untuk mengikuti kegiatan pramuka, di  antaranya perlu disampaikan manfaat yang cukup banyak ketika kita mengikuti kegiatan kepramukaan, di antaranya melatih kemandirian, melatih disiplin, memupuk karakter gotong royong, meningkatkan rasa kepedulian, belajar bekerjasama, melatih kepemimpinan” ujar Sudirman.

Di  hari pertama seluruh siswa mendapatkan materi tentang sejarah kepramukaan dunia oleh Kak Rasum, lalu dilanjutkan dengan materi pengenalan obat kimia, herbal/tradisional, yang disampaikan oleh Kak Oki, dengan penutup materi siswa membuat video cara membuat minuman herbal dengan bahan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan nasi goreng ala pandemi. 

Materi tentang simpul tali dan tapak penegak kepramukaan disampaikan oleh Kak Nuh dan Kak Aziz pada hari kedua acara Pramuka Blok. Dalam kesempatan ini juga tercetus untuk mendirikan Saka Bahari oleh Ketua pelaksana Rizky Idam Sigit.

Kegiatan yang dinaungi oleh wakasek kesiswaan ini, memiliki goal akhir siwa mampu memiliki kecakapan memasak khususnya dapat membuat minuman herbal dari bahan alami (Tanaman Obat Keluarga) dan nasi goreng ala pandemi, yang dibuat dalam bentuk video yang dikumpulkan melalui link yang telah disediakan panitia. “Untuk menambah semangat siswa dalam membuat video hasil terbaik akan mendapatkan reward berupa kaos distro dan kuota internet,” ujar M Eko Syafrudien selaku wakasek Kesiswaan SMA Bosowa Bina Insani. 

Acara Pramuka Blok ini dibuka langsung oleh Kepala SMA Bosowa Bina Insani sekaligus  ketua Mabigus Dedi Supriyadi  SAg MPd. Dalam arahannya Dedi menekankan pentingnya acara kepramukaan ini karena di dalam pendidikan kepramukaan ada proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai  kepramukaan.

Lebih jauh, “harapan ke depan gerakan pramuka di SMA Bina Insani mampu memfasilitasi anggotanya untuk mengembangkan diri di satuan karya pramuka bahari atau disingkat Saka Bahari. Saka Bahari adalah wadah pembinaan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri, keluarga, dan lingkungan serta dapat menjadi bekal rintisan lapangan kerja,” ujar Dedi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA