Kamis 27 Aug 2020 17:33 WIB

Kim Kurniawan Dianggap Pemain Paling Disiplin di Persib

Kim Kurniawan menjadi pemain yang disiplin dalam menjaga kondisi tubuh.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Persib Bandung Kim Kurniawan memakai kostum latihan.
Foto: Abdan Syakura
Gelandang Persib Bandung Kim Kurniawan memakai kostum latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung memiliki rutinitas untuk memeriksa kondisi tubuh pemain secara berkala. Setiap awal pekan, Maung Bandung melakukan penimbangan berat badan dan penghitungan masa otot.

Nutrisionis Persib, Gilang Fauzi, mengakui selama pandemi berat badan pemain sempat naik. Salah satu faktor utama adalah tidak adanya latihan di lapangan sehingga ada peningkatan berat badan.

Gilang pun menunjuk gelandang Persib, Kim Kurniawan, sebagai pemain yang disiplin dalam menjaga kondisi tubuh. Salah satunya adalah menjaga pola makan sehari-hari.

"Kami ada Kim, Kim cukup baik, dijaga disiplin ya dari mulai pola makan. Terlihat dari pola makan terjaga nutrisinya bagus terlihat di ukuran body age," kata Gilang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Kamis (27/8).

Gilang mencontohkan bagaimana Cristiano Ronaldo tetap menjaga kondisi tubuhnya. Di usianya yang menginjak 33 tahun, body age Ronaldo ada di usia 20 tahun. "Itu cukup bagus, kalau Kim usia 30 body age-nya di usia 25, jadi itu sudah jadi acuan tapi mereka sudah profesional ya," katanya.

Di sisi lain, Gilang juga mengapresiasi bagaimana kapten Persib, Supardi, dalam menjaga tubuhnya. Di usianya yang menginjak 37 tahun, body age Supardi ada di kisaran 36 tahun. "Hanya selisih satu tahun jadi masih dalam tahap wajar karena memang faktor usia semakin tua body komposisi berbeda dengan muda. Salah satu pemain yang disiplin dia," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement