Sabtu 20 Apr 2024 20:59 WIB

Gebuk Persebaya, Persib Tunjukkan Performa Impresif Bertahan dan Menyerang

David Silva mencetak hattrick dalam kemenangan Persib 3-1.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kiri) mencium kaki rekannya Ciro Alves (kanan) saat seleberasi usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (20/4/2024). Persib mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 3-1.
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Pesepak bola Persib Bandung David Da Silva (kiri) mencium kaki rekannya Ciro Alves (kanan) saat seleberasi usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya pada pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (20/4/2024). Persib mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak puas melihat kinerja pasukannya pada laga pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/24. Persib melibas Persebaya Surabaya 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/4/2024) petang. 

Ia melihat keseimbangan antarlini. Alhasil tim tamu sulit berkreasi.

Baca Juga

"Saya pikir, dari cara kami bertahan, cukup bagus. Mereka hanya punya peluang lewat tembakan jarak jauh. Kemudian dari cara kami menyerang, juga cukup bagus. Kami punya banyak peluang di babak pertama, dan di babak kedua sejak mereka kehilangan satu pemain, sepertinya kami tinggal menunggu waktu, gol itu terjadi," kata juru taktik berkebangsaan Kroasia ini, dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Bojan melihat para pemainnya menunjukkan ketenangan. Maung Bandung sudah pasti finis di zona empat besar. Fakta ini turut memengaruhi konsentrasi Marc Klok dan rekan-rekan.

Tampil di markas sendiri membuat Maung Bandung trengginas sejak awal. Meski sudah memastikan diri lolos ke seri championship, Persib tetap bermain spartan. 

Namun tidak mudah bagi tuan rumah untuk membongkar pertahanan lawan. Maung Bandung baru bisa memimpin di menit ke-43. David da Silva yang mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Persib bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, intensitas meningkat. Kubu tamu tak tinggal diam. Sayang, petaka menimpa Bajul Ijo di awal babak kedua. Andre Oktaviansyah mendapat dua kartu kuning dalam rentang waktu singkat sehingga harus meninggalkan arena. Kartu pertama hadir pada menit ke-46 dan berikutnya pada menit ke-52. Kekurangan jumlah personel menyulitkan skuad polesan Paul Munster untuk berkreasi.

Di luar dugaan, Persebaya bisa menyamakan kedudukan sekitar lima setelah Oktaviansyah diusir. Berawal  dari situasi free kick. Dusan Stevanovic yang menjadi algojo menunaikan tugasnya dengan baik. Tendangan bek berkebangsaan Serbia ini menembus jala gawang yang dijaga Teja Paku Alam.

Persib tersengat. Tuan rumah balik lagi gencar melakukan tekanan ke pertahanan tim tamu. Serangan demi serangan dilancarkan para penggawa Maung Bandung berbuah manis. Pada menit ke-67, David Silva membuat Persib kembali memimpin.

Dalam keadaan unggul, Persib tak mengendurkan tekanan. Sekitar tiga menit menjelang waktu normal berakhir, skor menjadi 3-1. Silva mencetak hattrick. 

Berawal dari pergerakan Ciro Alves, ia berduel ketat dengan bek lawan. Setelah lepas pengawalan, Alves mengirimkan umpan tarik ke mulut gawang Bajul Ijo. Silva yang tak terkawal menggetarkan jala Andhika Ramadhani untuk ketiga kalinya.

Hasil ini membuat Persib mantap di posisi kedua klasemen sementara dan siap bertarung di seri Championship. Anak asuh Bojan Hodak tak terkalahkan dalam 10 partai terakhir. Sebanyak lima di antaranya berujung kemenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement