Jumat 14 Aug 2020 21:46 WIB

Demi Lagu 'Sangcheo Badeun Maeum', Rossa Les Bahasa Korea

Saking sulitnya lafal bahasa Korea, Rossa rekaman Sangcheo Badeun Maeum lima jam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Rossa merilis Sangcheo Badeun Maeum, versi Korea dari Hati yang Kau Sakiti.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Penyanyi Rossa merilis Sangcheo Badeun Maeum, versi Korea dari Hati yang Kau Sakiti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rossa sepertinya ingin mempersembahkan hasil yang sempurna untuk lagu “Sangcheo Badeun Maeum”. Membawakan versi Korea dari tembang hit "Hati yang Kau Sakiti" ternyata menjadi tantangan tersendiri bagi Rossa yang tidak pandai berbahasa Korea.

Karena itulah, Rossa sampai les privat bahasa Korea selama enam bulan terakhir. Dia bahkan membuat grup Whatsapp agar fasih bahasa Korea.

Baca Juga

"Aku sampai bikin grup khusus gitu di Whatsapp, di grup kami wajib interaksi pakai bahasa Korea. Member grupnya temen-temen aku, ada Boy William juga, dia bahasa Koreanya udah lancar banget kan,” kata Rossa dalam konferensi pers virtual pada Jumat (14/8).

Meski sudah belajar cukup lama, namun Rossa mengaku masih kesulitan mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Korea. Alhasil, Rossa membutuhkan waktu cukup lama ketika merekam vokal di studio.

“Biasanya satu atau dua jam selesai. Tapi take vocal untuk lagu “Sangcheo Badeun Maeum” sampai lima jam. Itu rekor banget sih lamanya,” kata penyanyi yang populer dengan tembang-tembang sendu itu.

Di sisi lain, Rossa tidak menemukan kesulitan dalam menghayati lagu. Itu lantaran lagu versi bahasa Indonesianya sudah hampir 11 tahun dia nyanyikan.

“Untuk meresapi lagu itu aku agak bisa ya, karena memang maknanya tetap sama dengan lagu "Hati yang Kau Sakiti". Cuma pelafalannya itu lho yang sulit banget, misalnya ada O besar gimana, O kecil gimana,” ungkap Rossa.

Rossa pun berharap lagunya tersebut bisa diterima oleh seluruh pecinta musik di berbagai negara. Lagu “Sangcheum Badeun Maeum” kini sudah bisa dinikmati di semua platform digital musik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement