Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Obama Ucapkan Selamat Atas Penunjukan Kamala Harris

Rabu 12 Aug 2020 09:24 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Barack Obama sebut Kamala Harris adalah langkah awal meraih kemenangan. Kamala Harris adalah senator perempuan kulit hitam sekaligus politikus berpengalaman. Ilustrasi.

Barack Obama sebut Kamala Harris adalah langkah awal meraih kemenangan. Kamala Harris adalah senator perempuan kulit hitam sekaligus politikus berpengalaman. Ilustrasi.

Foto: EPA
Barack Obama sebut Kamala Harris adalah langkah awal meraih kemenangan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, telah menunjuk Senator Kamala Harris sebagai pendampingnya dalam pemilihan umum November mendatang, Selasa (11/8). Sosoknya itu menjadikan perempuan kulit hitam pertama dalam peraturan pemilihan presiden Amerika Serikat (AS).

Setelah pengumuman Harris, beberapa tokoh pun menyatakan selamat dan mendukung langkah tim Biden memilihnya. Barack Obama menyatakan melalui akun Twitter bahwa Harris merupakan langkah awal untuk meraih kemenangan.

"Dia menghabiskan kariernya membela konstitusi kita dan berjuang untuk orang-orang yang membutuhkan goyangan yang adil. Ini hari yang baik untuk negara kita. Sekarang mari kita menangkan hal ini," kata mantan presiden AS ini.

Sedangkan salah satu sosok perempuan yang dipertimbangkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) menemani Biden melihat ini hal yang terbaik. "Melihat seorang wanita kulit hitam dinominasikan untuk pertama kalinya menegaskan kembali keyakinan saya bahwa di Amerika, ada tempat bagi setiap orang untuk sukses tidak peduli siapa mereka atau dari mana mereka berasal," kata anggota House of Representatives, Val Demings, yang menjadi pesaing Harris.

Sebelum pengumuman Harris, banyak sosok kulit hitam dari berbagai kalangan, termasuk beberapa politisi yang telah dipertimbangkan untuk menjadi calon wakil presiden Biden. Tidak dapat dipungkiri, Biden membutuhkan dukungan kuat warga kulit hitam untuk melawan Trump.

Dengan keresahan sosial atas ketidakadilan rasial yang mengguncang negara selama berbulan-bulan, Biden berada di bawah tekanan yang meningkat untuk memilih seorang wanita kulit hitam sebagai pasangannya. Harris pun orang Asia-Amerika pertama yang mendapatkan tiket menuju pemilihan presiden.

"Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih @KamalaHarris - petarung tidak kenal takut untuk pria kecil ini, dan salah satu pegawai negeri terbaik - sebagai pasangan saya," kata Biden di Twitter. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA