Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Lonjakan Kasus Covid-19, Ketua MPR Minta Evaluasi New Normal

Kamis 09 Jul 2020 00:05 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Gita Amanda

Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) memberikan sambutan saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/7/2020). Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu-isu kebangsaan.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) memberikan sambutan saat pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/7/2020). Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu-isu kebangsaan.

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Jumlah penderita Covid-19 bertambah 1.853 kasus pada Rabu (8/7), rekor tertinggi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyoroti terus bertambahnya jumlah penderita Covid-19 dari waktu ke waktu. Bahkan pada Rabu (8/7) ini, jumlah penderita Covid-19 bertambah 1.853 kasus, rekor tertinggi. Atas dasar itu, pemerintah diminta mengevaluasi kebijakan new normal.

"Jumlah pasien baru Covid-19 di sejumlah daerah terus meningkat semenjak pemerintah menerapkan kebijakan tatanan normal baru (new normal). Tidak hanya di DKI Jakarta dan Jawa Timur, lonjakan jumlah kasus juga terjadi di Sulawesi Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta,"kata Bamsoet, Rabu (8/7).

Baca Juga

Bamsoet mendorong pemerintah dan Tim Gugus Tugas Covid-19 disamping terus melakukan tes Covid-19 secara masif, juga tetap menyampaikan informasi new normal bukan berarti pandemi Covid-19 sudah pulih. Dengan demikian, diharapkan pengertian masyarakat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga jarak.

"Mendorong pemerintah daerah mengevaluasi pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maupun penerapan era new normal untuk mencari penyebab masih terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah," kata dia.

Bamsoet juga mendorong Pemerintah Pusat dan Pemda untuk terus menggencarkan sosialisasi bahaya Covid-19 kepada masyarakat, serta bagaimana cara pencegahan tertular Covid-19, baik melalui media siber, siaran maupun media online. Sehingga, kesadaran masyarakat untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19 tergugah dan benar-benar menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam beraktivitas.

Bamsoet menambahkan, pemerintah juga harus bekerja sama dengan masyarakat untuk terus, berkomitmen dalam berupaya menekan meningkatnya penyebaran virus Covid-19 dimasa new normal.

Rekor penambahan kasus positif Covid-19 kembali tercapai pada Rabu (8/7) dengan 1.853 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Penambahan kasus terbanyak sebelumnya sempat tercatat pada Kamis (2/7) dengan 1.624 kasus positif baru. Per hari ini, total konfirmasi kasus positif Covid-19 di Tanah Air sudah mencapai 68.079 orang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler