Ahad 21 Jun 2020 21:55 WIB

Dipermalukan Newcastle, Sheffield Gagal Salip MU

Newcastle United berhasil menundukkan Sheffield dengan skor 3-0 di St. James Park.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Selebrasi Matt Ritchie (kedua kanan) setelah mencetak gol kedua Newcastle United ke gawang Sheffield United pada laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris di St James
Foto: MICHAEL REGAN/POOL VIA REUTERS
Selebrasi Matt Ritchie (kedua kanan) setelah mencetak gol kedua Newcastle United ke gawang Sheffield United pada laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris di St James

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Newcastle United memetik kemenangan penting dalam upaya menjauhi zona degradasi dan bersaing di papan tengah Liga Primer Inggris. Newcastle menaklukkan Sheffield United dengan skor 3-0 di St. James Park, Ahad (21/6).

Kekalahan telak yang ditelan armada the Blades membuat mereka gagal menyalip Manchester United (MU). Jika mampu menang, Sheffield seharusnya dapat menggeser dua tim sekaligus, MU dan Wolverhampton Wanderers, untuk membuka jalur perburuan tiket Liga Europa musim depan. Namun, skuat asuhan Chris Wilder itu gagal memaksimalkan hasil minor yang didapatkan tim-tim pesaing. 

Baca Juga

Pasa awal pertandingan, Newcastle tampil lebih agresif karena Jonjo Shelvey langsung mencatat pelangggaran pertama dalam laga tersebut. Formasi 4-2-3-1 racikan Steve Bruce membuat armada the Magpies diperkuat empat pemain yang bertugas merangsek lini pertahanan lawan. 

Sebagai tim tamu, Sheffield enggan bermain sporadis. Wilder mengadaptasi pola 3-5-2 agar daerah tengah lapangan lebih terkendali. Terbukti, mereka mencatat rata-rata 58 persen penguasaan bola. 

Walaupun hanya memasang dua striker, Sheffield beberapa kali melancarkan ancaman ke gawang Newcastle. Duet Billy Sharp dan McBurnie sempat memberi tekanan meski selalu gagal karena jebakan offside. 

Kedua tim masih gagal menunaikan tugas di paruh pertama, sehingga harus istirahat dengan skor kacamata. Laga baru berjalan intens di babak kedua setelah bek Sheffield, Joe Egan diganjar kartu merah oleh wasit karena menerima dua kartu kuning. 

Bolongnya pertahanan Sheffield berhasil dimanfaatkan oleh tuan rumah. Pada menit ke-55, tembakan kaki kanan Allan Saint-Maximin membuka skor. Newcastle menggandakan keunggulan lewat operan Isaac Hayden yang berhasil dituntaskan oleh Matt Ritchie di menit ke-69. Hanya berselang 10 menit, Sheffield semakin terpukul karena kembali kebobolan. 

Joelinton mengonversi umpan terukur Miguel Almiron untuk menutup kemenangan besar Newcastle pada menit ke-78.

Kemenangan Newcastle membuat mereka menanjak dua tangga ke peringkat 12 klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 38 poin. Sedangkan kekalahan Sheffield berada di urutan keenam dengan torehan 44 poin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement