Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Dua Ribu Telur Ayam Didonasikan untuk Warga Terdampak Corona

Rabu 01 Apr 2020 16:10 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Christiyaningsih

Peternak di Solo menyumbang dua ribu butir telur untuk warga terdampak corona. Ilustrasi.

Peternak di Solo menyumbang dua ribu butir telur untuk warga terdampak corona. Ilustrasi.

Foto: Antara/Arnas Padda
Peternak di Solo menyumbang dua ribu butir telur untuk warga terdampak corona

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Pinsar Petelur Nasional (PPN) menyerahkan bantuan dua ribu butir telur ayam kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Ribuan telur itu akan dibagikan kepada warga Solo yang terdampak pandemi corona. Penyerahan ribuan telur ayam dilakukan di Balai Kota Solo pada Rabu (1/4).

Sekretaris PPN Heru Santoso mengatakan bantuan yang diberikan asosiasi para peternak ayam petelur tersebut dalam rangka untuk menghadapi pandemi corona saat ini. Sebab,telur ayam dianggap berperan vital untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. "Bentuk kepedulian kami dari PPN terhadap masyarakat luas lewat Pemkot adalah menyerahkan bantuan berupa telur," kata Heru kepada wartawan.

Menurutnya, bantuan telur tersebut merupakan yang kedua setelah sebelumnya PPN membagikan telur ayam kepada tenaga medis di RSUD dr Moewardi Solo. Dalam kondisi pandemi virus corona, Pinsar menilai komoditas telur sangat penting bagi masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga

Akan tetapi adanya pembatasan fisik juga menyebabkan rantai distribusi telur sedikit tergangu. Karenanya, Pinsar berupaya agar masyarakat mudah mendapatkan telur ayam di pasaran.

"Untuk stok telur saat ini tercukupi. Apalagi menjelang Lebaran ini kami cukupi kami persiapkan, karena telur kan sudah kebutuhan pokok. Produksi per hari untuk Solo kira-kira ada ratusan ton," ungkapnya.

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menyatakan Pemkot Solo bersyukur atas kepedulian masyarakat. Salah satunya pengusaha peternak telur yang memberikan bantuan di tengah wabah Corona. "Tentu saja nanti segera kami salurkan kepada yang berhak menerima," ucap Purnomo.

Menurutnya, bantuan telur tersebut mendukung upaya Pemkot yang tengah menyiapkan bantuan bagi warga yang terdampak pandemi corona, khususnya pekerja di sektor informal. Pemkot menyiapkan sebanyak 40 ribu paket sembako senilai Rp 250 ribu per paket yang akan dibagikan dua kali. Salah satu isi paket berupa setengah kilogram telur ayam di samping beras, minyak goreng, gula, teh, dan mi instan.

"Ini sedang dipersiapkan di Pedaringan, kalau bisa akhir pekan nanti dibagikan ke masyarakat melalui RT," imbuh Purnomo.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA