Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Begini Cara Pesan Makanan tanpa Kontak di Aplikasi

Kamis 19 Mar 2020 21:30 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Lewat jasa Gofood beragam makanan bisa dinikmati. Untuk mencegah penyebaran corona Gofood memberlakukan fitur tanpa kontak.

Lewat jasa Gofood beragam makanan bisa dinikmati. Untuk mencegah penyebaran corona Gofood memberlakukan fitur tanpa kontak.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Fitur tanpa kontak baru diluncurkan mengantisipasi penyebaran virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- GoFood resmi meluncurkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung atau contactless delivery. Layanan pesan antar makanan di aplikasi Gojek itu menghadirkan inovasi untuk memastikan keamanan pelanggan di tengah merebaknya Covid-19.

Fitur baru ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan GoFood dalam mendukung imbauan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah dan menerapkan konsep pembatasan sosial. Pilihan bisa diakses pada opsi teks pesan cepat pada fitur "chat".

"Opsi ini menjadi salah satu solusi cepat yang kami kembangkan untuk meningkatkan pengalaman berkuliner di rumah yang aman, tenang, dan nyaman," ujar Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo lewat pernyataan resminya.

Pemesan GoFood cukup melakoni tiga langkah mudah agar dapat menggunakan pengantaran makanan tanpa kontak langsung. Sebelum menekan tombol "pesan", pilih pembayaran non-tunai untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.

Setelah makanan dipesan dan mendapat driver, buka fitur "chat" yang ada di pesanan GoFood. Gunakan fitur tersebut untuk berkomunikasi dengan pengemudi, kemudian pilih salah satu pesan cepat yang sudah disediakan.

Beberapa di antaranya berbunyi "Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalau sudah sampai" atau "Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalau sudah sampai". Selanjutnya, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti makanan telah sampai.

GoFood juga menyediakan kartu penanda suhu tubuh yang berisi informasi mengenai temperatur tubuh pihak yang menangani makanan yang dipesan. Mereka adalah karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver.

Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan semua pihak dan menjaga agar makanan tetap higienis sampai ke tangan pelanggan. Gojek mengatakan, keselamatan dan kesehatan seluruh pihak yang terlibat di ekosistemnya adalah prioritas utama.

"Kami berterima kasih kepada pengguna layanan Gojek yang mengikuti imbauan #dirumahaja serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mitra driver dan merchant yang tetap sigap dalam membantu masyarakat Indonesia," kata Catherine.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA