Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Gebyar Budaya Betawi Hadir di Gedung Parlemen

Kamis 10 Oct 2019 17:25 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Seremoni peresmian dan pembukaan acara Gebyar Budaya Betawi secara resmi yang digelar di panggung utama, plaza Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/10).

Seremoni peresmian dan pembukaan acara Gebyar Budaya Betawi secara resmi yang digelar di panggung utama, plaza Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/10).

Foto: mpr
Momen Gebyar Budaya Betawi memperkenalkan budaya Betawi di lingkungan parlemen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plaza Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta selama dua hari ini yakni Kamis dan Jumat tanggal 10-11 Oktober 2019 akan menggelar Welcoming Event For Parliament Members. Acara ini bertema ‘Gebyar Budaya Betawi dan Sisi Lain Jakarta’.

Acara yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta dengan didukung MPR, DPR dan DPD ini menampilkan berbagai kekhasan kebudayaan Betawi. Seni tari Betawi, kuliner khas Betawi, seni musik khas Betawi, busana khas Betawi, juga ‘Sisi Lain Jakarta’ hadir dalam bingkai pameran workshop potography, lomba foto, demo membatik, demo menyulam, demo membuat boneka, fashion show, pertunjukan tari kolosal anak dan parade busana 34 provinsi.

Baca Juga

Seremoni peresmian dan pembukaan acara secara resmi yang digelar di panggung utama, plaza Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/10).  Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Siti Fauziah menyampaikan apresiasinya atas terselanggaranya acara tersebut di lingkungan parlemen.

“Saya sangat apresiasi dan sangat mendukung upaya-upaya pelestarian budaya seperti acara ini, sebab kebudayaan Indonesia adalah kekayaan bangsa yang harus mendapat perhatian serius agar generasi muda tak kehilangan kebudayaannya sendiri. Luar biasanya di acara ini sebagian besar pesertanya dan pelakunya dari anak-anak muda juga, ini saya salut,” katanya.

photo
Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Siti Fauziah membatik dalam Gebyar Buday Betawi yang digelar di gedung parlemen.

Siti Fauziah mengungkapkan belum tentu seluruh penduduk Jakarta yang juga beragam mengetahui budaya Betawi. Momen ini sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan budaya Betawi.

“Momen Gebyar Budaya Betawi ini bermanfaat sekali agar masyarakat Jakarta memahami dan mengenal budaya daerah yang menjadi tempat tinggalnya sekarang.  Saya harap kerjasama menggelar kegiatan seperti ini tak berhenti sampai disini tapi terus berlangsung ke depannya dengan menampilkan juga budaya-budaya daerah lain,” ujar dia.

Acara hari pertama diisi dengan berbagai kegiatan secara bergantian. Acara tersbeut antara lain di panggung utama ada pagelaran tari khas Betawi, pagelaran musik dan seni suara khas Betawi. Di sisi panggung ada pameran adat istiadat dipadu kuliner Betawi seperti budaya ‘Meja Nyai’ yakni budaya meja panjang yang tertata berbagai jenis kuliner jajanan pasar khas Betawi.

Acara selanjutnya adalah workshop potography oleh fotografer Darwis Triadi serta pameran poto berbagai sisi di Jakarta hasil ‘jepretan’ kamera foto Darwis Triadi dan beberapa fotografer lainnya bahkan karya almarhumah Ibu Ani Yudhoyono istri Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang terkenal hobi potography pun ikut dipamerkan yang sebagian besar bertema sisi-sisi Jakarta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler