Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

MPR Matangkan Persiapkan Sidang Tahunan

Selasa 06 Aug 2019 07:45 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

MPR menggelar Media Expert Meeting khusus untuk Persiapan Sidang Tahunan MPR di Jakarta,  Senin (5/8).

MPR menggelar Media Expert Meeting khusus untuk Persiapan Sidang Tahunan MPR di Jakarta, Senin (5/8).

Foto: Mpr
Sebanyak 300 jurnalis sudah mendaftar untuk peliputan Sidang Tahunan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MPR menggelar Media Expert Meeting khusus untuk Persiapan Sidang Tahunan MPR di Jakarta,  Senin (5/8). Pertemuan ini membahas berbagai kendala dan mencari jalan keluar dalam peliputan media dalam Sidang Tahunan MPR.

Kabiro Humas MPR Siti Fauziah menjelaskan tentang peliputan media dalam Sidang Tahunan MPR. Untuk meliput Sidang Tahunan MPR,  Sidang Bersama DPR - DPD,  dan Sidang Penyampaian Nota Keuangan RAPBN 2020 menggunakan satu ID card yang dikeluarkan MPR. 

Baca Juga

 "Untuk pertamakali kita melakukan pendaftaran secara online. Dengan pendaftaran online, nanti akan diperoleh ID card," katanya.

 ID tidak hanya untuk peliputan Sidang Tahunan MPR saja tapi juga Sidang Bersama DPR - DPD Pidato Kenegaraan dan Sidang DPR Penyampaian Nota Keuangan RAPBN 2020 pada hari yang sama. "Kita bekerjasama dengan DPR dan DPD sudah sepakat menggunakan satu ID card ini," ujar wanita yang akrab disapa Titi ini.

ID card yang dikeluarkan, lanjut Siti Fauziah, akan menampilkan zona peliputan dan barrcode. Wartawan dengan ID Zona A bisa meliput di dalam sidang, dekat podium, tempat pimpinan MPR, presiden dan wakil presiden dan pimpinan lembaga negara. Zona B menempati balkon kiri dan kanan. Zona C berada di selasar Gedung Nusantara dan Zona D untuk lobby di luar Gedung Nusantara. 

"Nanti kita tempatkan scan untuk barrcode itu," tuturnya.

ID card akan dibagikan pada tanggal 15 Agustus 2019. Sidang Tahunan MPR dimulai pukul 08.30 WIB pada Jumat, (16/9).

"Datang lebih pagi dengan menempati sesuai zona. Zona B di balkon sangat terbatas hanya memuat maksimal 60 orang," ucap dia.

Kabag Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi M. Jaya juga meminta para jurnalis agar sudah berada di lokasi sebelum Sidang Tahunan MPR dimulai.  "Ini terkait dengan pengamanan dari Paspampres dan tempat peliputan yang terbatas agar tidak terjadi kegaduhan," katanya.

Sementara Kasubag Pemberitaan MPR Budi Muliawan mengungkapkan untuk pertama kali MPR melakukan inovasi dalam pendaftaran peliputan Sidang Tahunan MPR. "Hanya perlu waktu tidak lebih dari satu menit untuk melakukan pendaftaran online.  Kami terus menyempurnakan aplikasi pendaftaran ini," katanya. 

Dalam Media Expert Meeting ini juga dipresentasikan pendaftaran secara online untuk Sidang Tahunan MPR.  Peserta Media Expert Meeting memuji langkah Humas MPR melakukan pendaftaran secara online ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler