Jumat 25 Feb 2022 18:14 WIB

PDIP Dorong Kampus Terus Lakukan Riset untuk Majukan Daerah 

Akademisi, pemerintah, dan industri harus bergotong royong mewujudkan Indonesia maju.

 PDI Perjuangan (PDIP) mendorong kampus se-Indonesia untuk terus melakukan riset dan pengembangan iptek.
Foto: istimewa
PDI Perjuangan (PDIP) mendorong kampus se-Indonesia untuk terus melakukan riset dan pengembangan iptek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDI Perjuangan (PDIP) mendorong kampus se-Indonesia untuk terus melakukan riset dan pengembangan iptek. Oleh karena itu, PDIP  memerintahkan kader partai yang menjadi kepala daerah untuk bekerja sama dengan kampus. 

"Bagi kami kebijakan berbasis riset penting sekali dan kampus sebagai pusat kemajuan. Itulah yang kami dorong sehingga implementasinya kami harapkan bersifat segera untuk dijalankan agar kepala daerah juga membawa kemajuan di daerahnya," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jumat (25/2/2022). 

Baca Juga

Menurut Hasto, kampus juga harus menjalankan fungsi Tri Dhrma Perguruan Tinggi, yang salah satu poinnya mengabdi kepada masyarakat.  Politikus asal Yogyakarta itu mengajak semua pihak menggelorakan semangat gotong royong dalam menguasai ilmu dan teknologi. Sebab, Hasto meyakini tak ada kemajuan tanpa dua aspek itu. 

"Di situ kampus juga akan membumi karena bersentuhan dengan persoalan rakyat, sementara pemerintahan itu juga akan ter-upgrade dari inspirasinya, dari kepemimpinannya, kualitas manajemennya, itu melalui campur tangan perguruan tinggi. Jadi ini merupakan suatu simbiosis mutualisme yang sangat baik antara kampus dan pemerintah daerah," kata dia. 

Hasto juga mencontohkan sektor ekonomi Indonesia yang cenderung mengutamakan impor. Seharusnya, Indonesia bisa berdaulat di bidang pangan dan ekonomi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement