Jumat 25 Feb 2022 18:06 WIB

Ukraina Mobilisasi Penduduk Hadapi Rusia

Menurut keputusan, mobilisasi akan dilakukan dalam waktu 90 hari sejak Jumat

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

ISTANBUL -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menandatangani dekrit Jumat (25/2/2022) pagi tentang mobilisasi umum penduduk hadapi serangan Rusia yang berlanjut.

Baca Juga

Mobilisasi umum diumumkan “sehubungan dengan agresi militer Federasi Rusia terhadap Ukraina dan untuk memastikan pertahanan negara, menjaga kesiapan tempur dan mobilisasi Angkatan Bersenjata Ukraina dan formasi militer lainnya, berdasarkan usulan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina,” kata Kepresidenan Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu merinci mobilisasi di “wilayah Vinnytsia, Volyn, Dnipropetrovsk, Donetsk, Zhytomyr, Zakarpattia, Zaporizhia, Ivano-Frankivsk, Kyiv, Kirovohrad, Luhansk, Lviv, Mykolaiv, Odesa, Poltava, Rivne, Sumy, Ternopil, Kharkiv, Kherson, Khmelnytsky, Cherkasy, Chernivtsi, (dan) wilayah Chernihiv, (dan) kota Kyiv.”

Mobilisasi akan dilakukan dalam waktu 90 hari sejak Jumat, tambah pernyataan itu.

Wajib militer,  personel militer cadangan dan keterlibatan kendaraan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata Ukraina, Garda Nasional Ukraina, Layanan Keamanan Ukraina, Layanan Penjaga Perbatasan Negara Ukraina, Layanan Transportasi Khusus Negara, Layanan Negara untuk Perlindungan Komunikasi dan Informasi Khusus Ukraina, dan formasi militer Ukraina lainnya akan dilakukan sejauh yang ditentukan sesuai dengan rencana mobilisasi,” tambahnya.

Menurut pernyataan itu, Kabinet Ukraina akan “menyediakan dana dan mengambil langkah-langkah lain yang terkait dengan pengumuman dan pelaksanaan mobilisasi umum.”

"Dinas Keamanan Ukraina (akan) mengambil tindakan kontra intelijen selama mobilisasi umum," tambahnya.

Kamis malam, menteri kesehatan Ukraina mengatakan setidaknya 57 personel militer dan warga sipil Ukraina telah tewas karena intervensi militer Rusia di negara itu.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/ukraina-mobilisasi-penduduk-hadapi-rusia/2514180
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement