Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Pemuda Bertugas Merawat Pancasila

Kamis 02 Nov 2017 09:49 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono.

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono mengapresiasi antusiasme pelajar terhadap Empat Pilar dan Pancasila. Di hadapan Ma'ruf Cahyono, para pelajar meneriakan yel-yel 'Pancasila ada, UUD NRI Tahun 1945 ada, NKRI ada, Bhinneka Tunggal Ika ada.

"Luar biasa. Yel-yel tersebut adalah yel yel yang isinya Empat Pilar yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya, kepada ratusan peserta pelajar Kemah Pemuda Pelopor Kedaulatan Bangsa, di Bumi Perkemahan Cimandala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/11).

Diutarakan Ma'ruf Cahyono, tingkat pengetahuan generasi muda saat ini terhadap Empat Pilar MPR tersebut sangat baik. Tinggal pemahaman yang benar secara terus menerus diikuti pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang perlu diperhatikan pemuda saat ini, lanjut dia, yakni masing-masing dalam empat pilar tersebut ada kedudukannya sendiri yakni, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Materi-materi soal Empat Pilar sudah tertulis dalam buku-buku materi Empat Pilar MPR. Ia berharap selesai sosialisasi ini dan nanti kita ketemu lagi, buku-buku tersebut harus sudah kumal karena sering dibaca. "Sesudah dibaca, harus lebih dari hanya mengetahui, memahami tapi harus juga dilaksanakan di lingkungan masing-masing," katanya.

Ma'ruf Cahyono berpesan agar pemuda Indonesia betul-betul merawat dan menjaga Pancasila. Sebab Pancasila adalah elemen penting bagi bangsa Indonesia. "Pancasila mampu menyatukan bangsa Indonesia yang sangat beragam. Maka dari itu rawat dan jagalah Pancasila jangan sampai rusak atau bahkan hilang dari hati bangsa Indonesia," ujar dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler