Saturday, 24 Zulqaidah 1445 / 01 June 2024

Saturday, 24 Zulqaidah 1445 / 01 June 2024

Memelihara Adab, Cara Menjaga NKRI

Ahad 27 Aug 2017 15:35 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

 Anggota MPR RI dari FPKS Hermanto.

Anggota MPR RI dari FPKS Hermanto.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota MPR RI dari FPKS Hermanto menegaskan adab atau sopan santun dalam berinteraksi dengan sesama anak bangsa merupakan nilai luhur dan modal sosial bangsa Indonesia yang harus terus dipelihara guna menjaga keutuhan NKRI.

"Adab terpelihara, keutuhan NKRI terjaga," ujar Hermanto dihadapan peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang Panjang, Sumatra Barat belum lama ini.

Menurutnya, adab merupakan warisan budaya yang sudah hidup, tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Indonesia.  Makanya pendiri bangsa memasukan klausul 'adab' secara eksplisit dalam Pancasila sila  kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab.

"Adab telah menjadi karakter anak bangsa.  Sangat relevan dalam memasuki abad milenium dan global ini,"  ujar dia.

Adab merupakan nilai dasar Pancasila yang mengedepankan etika dalam berinteraksi agar terjadi saling tepo selero dan tidak menyinggung perasaan sensitif. Menurutnya, energi positif yang terkandung dalam adab selayaknya mewarnai sikap dan perilaku pemimpin agar tercipta suasana batin yang kokoh. Dengan demikian kebijakan yang diambilnya dapat menghadirkan kesejukan, kedamaian dan stabilitas yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan di semua sektor kehidupan.

Anak bangsa, katanya, harus senantiasa siaga dan imun dari pengaruh buruk dari luar. "Tidak boleh lengah terhadap berbagai tantangan global dan pemikiran bebas tanpa batas yang tidak memiliki kesantunan dari budaya asing", pungkas legislator dari dapil Sumatera Barat I ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler