Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Safari Kebangsaan di Jabar, Ketua MPR Bicara Soal Kedaulatan Rakyat

Rabu 26 Apr 2017 02:54 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat sosialisasi empat pilar.

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat sosialisasi empat pilar.

Foto: Amri Amrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama Badan Keswadayaan Masyarakat, Selasa (25/4) dalam rangkaian Safari Kebangsaan di Jawa Barat. Zulkifli mengingatkan bahwa rakyat memiliki kedaulatan dan kekuasaan.

Dalam paparannya, Zulkifli mengutip ucapan Bung Hatta tentang kedaulatan rakyat.  "Bagi kita rakyat adalah yang utama. Rakyat umum yang mempunyai kedaulatan dan kekuasaan," kata Zulkifli mengutip Bung Hatta.

Menurut Zulkifli, bangsa Indonesia sudah sepakat dengan sistem ketatanegaraan demokrasi Pancasila. Dalam demokrasi Pancasila, rakyatlah yang berkuasa dan memiliki kedaulatan.

"Rakyat yang memilih presiden, gubernur, bupati, walikota, anggota legislatif. Yang berkuasa adalah rakyat. Tugas guhernur, bupati adalah melayani rakyat dan negara," ujar Zulkifli.

Karena itu Zulkifli meminta masyarakat untuk tidak menukar kedaulatannya dengan iming-iming money politics seperti sembako.

"Kalau ada yang memberi sembako berarti jangan dipilih. Pilihlah pemimpin yang bersih dan bisa menyalurkan aspirasi," terangnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler