Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Pilkada Bisa Jadi Jalan Menuju Keadilan Sosial

Senin 26 Sep 2016 15:10 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, mengatakan Pilkada bisa melahirkan cita-cita demokrasi, yaitu kesejahteraan rakyat Indonesia atau keadilan sosial.

"Demokrasi pilkada pada ujungnya harus menghasilkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Zulkifli, saat menghadiri acara peluncuran buku 'Perjalanan Panjang Pilkada Serentak' buah karya Ketua Fraksi Golkar MPR Rambe Kamarul Zaman, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/9).

Menurutnya, saat ini demokrasi justru malah melahirkan kesenjangan yang tinggi antara pusat dan daerah, mauapun antar individu. Sehingga, tidak aneh kalau Zulkifli menyebut demokrasi di Indonesia masih semu.

"Demokasi kita tata caranya sudah bagus, tapi substansinya belum menyentuh masyarakat. Pilkada lebih memberikan dampak kepada pemilik modal atau sponsor," kata dia.

Karena itu, ia berharap demokrasi Pancasila bisa melahirkan cita-cita merdeka seperti yang diinginkan bung Karno sebagai pendiri bangsa.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli mengucapkan selamat kepada Rambe atas peluncuran bukunya. Ia menilai buku tersebut sangat penting. Apalagi, Pilkada merupakan hajat penting dari perjalanan bangsa.

Zulkifli berharap, buku ini dapat menjadi rujukan bagi partai politik dalam melaksanaan pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil. Hal ini agar terwujud kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. "Mudah-mudahan buku Pak Rambe bisa memberikan manfaat," kata Zulkifli.

Hadir dalam acara peluncuran ini antara lain Ketua Fraksi Golkar DPR RI Setya Novanto, Mendagri Tjahjo Kumolo serta beberapa pejabat lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler