Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Akademisi Diajak Sumbang Aspirasi untuk Haluan Negara

Rabu 21 Sep 2016 11:27 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, kembali menegaskan pentingnya haluan negara bagi pembangunan bangsa agar terarah dan berkesinambungan. Zulkifli menyebut haluan negara dipandang penting agar pembangunan nasional dapat berjalan secara komperhensif, menyeluruh, terukur dan berkesinambungan.

"Oleh karena itu, haluan negara harus didasari nilai luhur dan dijiwai oleh Pancasila," kata Zulkifli, dalam diskusi kebangsaan yang mengangkat tema 'Reformulasi Perencanaan Pembangunan Nasional Model GBHN' di IAIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Rabu (21/9).

Turut hadir dalam diskusi, yakni Pimpinan dan anggota Badan Pengkajian MPR RI Rambe Kamarul Zaman, Mujib Rohmat, Ali Taher, Wakil Rektor III IAIN Raden Intan Saiful Anwar, seluruh civitas akademika serta mahasiswa peserta diskusi.

Zulkifli menambahkan, saat ini Indonesia menghadapi tantangan besar untuk membangun pemerintahan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang adil, dalam penyelenggaraan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

Menurutnya, Indonesia harus memiliki perencanaan yang baik dan matang untuk melaksanakan pembangunan nasional dengan sebaik-baiknya. "Kita tidak boleh membiarkan perkembangan dan perubahan masyarakat nasional berjalan sendiri di tengah gempuran globalisasi," ujar Zulkifli.

Sebab, Haluan Negara dipandang penting bagi pembangunan nasional hari ini dan masa yang akan datang, tidak saja mengingat proses-proses pembangunan nasional yan memerlukan panduan arah dan strategi.

Oleh karenanya, Zulkifli mengajak seluruh pihak, terutama dari kalangan universitas untuk ikut aktif memberi masukan terkait haluan negara yang tengah disusun MPR RI. Ia juga berharap, agar kampus dapat mempersipakan mahasiswanya dengan bekal ilmu yang cukup untuk membangun bangsa ini lebih baik lagi ke depannya.

"Kita keliling Indonesia datang ke kampus-kampus meminta pendapat seperti apa yang diperlukan haluan negara ini," kata Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler